• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Persiapan Libur Nataru, KAI Siapkan 12 Kereta Tambahan

29 November
15:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang, mengoperasikan rangkaian kereta tambahan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020. Langkah itu diambil untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

"Terdiri dari empat kereta api di Daop IV Semarang dan delapan kereta api yang melewati Daop IV Semarang," kata Kepala KAI Daop IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso saat jumpa pers di Kantor PT KAI Daop IV Semarang, Jumat (29/11/2019).

Huda menjaskan, adapun kereta tambahan untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru yakni KA Argo Muria Fakultatif, KA Argo Sindoro Fakultatif, KA Sembrani Fakultatif, KA Matarmaja Nataru, KA Brantas Nataru, dan KA Kertajaya Nataru, dan masing-masing berjumlah dua rangkaian kereta.

Angkutan Natal dan Tahun Baru di Daop IV Semarang mulai berlaku pada 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

"Kami memperkirakan keberangkatan KA pada 22 dan 29 Desember 2019 sebagai tanggal favorit masyarakat," imbuhnya.

Huda memprediksi arus penumpang pada masa angkutan liburan akhir tahun naik hingga lima persen dibandingkan tahun lalu.

"Perkiraan kami jumlah penumpang naik menjadi 463.432 penumpang. Tahun lalu jumlah penumpang sebesar 441.364 penumpang," jelas Huda.

KAI Daop IV Semarang juga menyiapkan 192 petugas yang siaga 24 jam di daerah-daerah rawan longsor dan banjir. Sebab, masa angkutan libur akhir tahun bertepatan dengan datangnya musim hujan di Jateng.

"Petugas ini disiagakan untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa yang menghambat perjalanan kereta api," ungkapnya.

Ia menambahkan daerah rawan bencana bagi perjalanan kereta api berada di sepanjang rel antara Gundih-Karangsono, Semarang Tawang-Alastua, dan Krengseng-Batang.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00