• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESEHATAN

BKKBN Seriusi Persoalan Stunting

14 November
12:34 2019
1 Votes (5)

KBRN, Semarang : Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah sosialisasikan hasil Survai Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017 pada Mitra Kerja dan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah di Hotel Gets Semarang kamis (14/11/19 ). Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan hasil SDKI Tahun 2017 Nasional maupun Provinsi Jawa Tengah dan hasil analisis data sekunder SDKI 2017 yang telah dilaksanakan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah dan Lembaga Penelitian Kependudukan/Perguruan Tinggi di Jawa Tengah. 

Deputi Pelatihan, Penelitan dan Pengembangan BKKBN RI Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik dalam paparannya membahas angka-angka dalam SDKI dan kaitannya dengan Total Fertility Rate (TFR ).

“ TFR di Indonesia itu berada di posisi pada 2,4, posisi ini perlu di tingkatkan lagi karena BKKBN menargetkan di bawah 2,4 sehingga perlu di evaluasi,” ujar Damanik.

Isu stunting juga masih menjadi perhatian serius dari pemerintah, karena berisiko menurunkan kualitas generasi penerus yang kelak membangun bangsa. Karenanya Muhammad Rizal Martua Damanik mengajak para akademisi untuk berperan aktif baik melalui penelitian maupun pengabdian pada masyarakat.

“ Angka stunting di 34 Provinsi di Indonesia termasuk jawa tengah masih tinggi karena masih melewati ambang batas yang di syarakatkan badan kesehatan dunia WHO yakni  20 persen  kelahiran stunting Indonesia 28 persen jadi masing tinggi,” Ungkap Damanik 

Dalam kegiatan ini juga dipaparkan berbagai hasil kajian para pakar dari kalangan akademisi yang membedah perjalanan hasil SDKI 2017 dari berbagai aspek. 

Adapun dalam paparan yang disampaikan para akdemisi  diantaranya :
- Penurunan TFR di Provinsi Jawa Tengah (Prof. DR. Ir. Saratri Wilonoyudho, MSi)
- Peluang dan Tantangan Provinsi Jawa Tengah Menghadapi Bonus Demografi Menuju Terciptanya Generasi emas.  (DR. Ir. Retno Setyowati, MS)
- Analisis Faktor Kejadian Unmet Need dalam Family Planning Program sebagai Dasar Kebijakan Penurunan Fertilitas Penduduk di Provinsi Jawa Tengah.(dr. Sri Winarni, MKes)
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pacaran pada Remaja di Kota Semarang. (DR. Arri Handayani, S.Psi. M.Si)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00