• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pedandu Di Jateng Menduduki Peringkat Ke 5 Nasional

12 November
16:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Pecandu obat-obatan Narkotika di Jawa Tengah teribilang cukup tinggi, berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah tercatat mencapai 384 ribu Warga.

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Benny Gunawan menyebut, jika Jawa Tengah masuk dalam peringkat lima tingkat Nasional dengan sebagian besar pecandu adalah generasi muda. 

“Angka prevalensi pecandu narkotika di jawa tengah adalah 1,16 persen, meski angka tersebut jauh dari angka prevelensi tingkat nasional yakni 1,77 persen atau pada peringkat 32. Tetapi jumlah pengguna di jateng masuk peringkat lima” Jelas Brigjen Pol Benny Gunawan, Selasa (12/11/2019). 

Menyikapi tingginya pecandu Narkotika, BNN diseluruh daerah Indonesia dituntut untuk terus berkreasi dan berinovasi melakukan pencegahan khususnya bagi para pecandu penyalahgunaan narkoba. 

Dengan membuka layanan rehabilitasi Klinik Bina Waras Pratama BNNK Kendal diharapkan mampu menekan angka pecandu narkoba. Menurut Kepala BNN Provinsi Jateng adanya Klinik tersebut menjadi salah satu upaya untuk rehabilitasi rawat jalan korban penyalahguna maupun pecandu.

Sementara Kabid Rehabilitasi BNN Provinsi Jateng Teguh Budi Santoso mengatakan, rehabilitasi pada klinik milik BNN sama sekali tidak dipungut biaya. Sedangkan bagi warga yang hendak meberitahukan keluarganya kepada BNN untuk dilakukan rehabilitasi tidak akan dikenai tuntutan pidana bagi pencandu.

  • Tentang Penulis

    Adetya krisna Prastyo

    Kontributor RRI Semarang "Loyalitas dan Integritas"

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00