• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ganjar Ingin Populerkan Semua Pejuang NKRI di Jateng

10 November
11:02 2019
0 Votes (0)


KBRN, Semarang : Upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Provinsi Jawa Tengah, Minggu (10/11/2019) dipusatkan di makam pahlawan Desa Wareng Kecamatan Butuh Kab. Purworejo. Dipilihnya tempat ini  untuk mengenang dan menghormati para pejuang anggota Tentara Pelajar yang perang mempertahankan Kemerdekaan Indonesia ketika Argesi Militer dua. 

Dalam upacara tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertindak sebagai Inspektur upacara, sekaligus juga melaksanakan tabur bunga di makam 6 pahlawan di Desa Wareng. Selain jajaran Pemprov Jateng, Pemkab Purworejo, anggota TNI/Polri dan pelajar, upacara juga diikuti oleh masyarakat setempat

Ada yang mendekat ke barisan dan tidak sedikit yang menyimak kekhidmatan upacara di bawah rindang-rindang pohon. 

Saat ditemui, Ganjar mengaku memang sengaja ingin melaksanakan upacara di desa yang terdapat makam sosok pahlawan namun jarang dikunjungi atau tidak mendapat perhatianada banyak tempat yang direkomendasikan oleh dinas sosial, hingga akhirnya ditunjuk desa Wareng ini.

"Ada beberapa alternatif, saya mencari di mana ada makam pahlawan yang jarang dikunjungi. Akhirnya kita pilih sini (Desa Wareng). Mungkin mereka tidak populer namanya di publik tapi mereka turut mempertahankan kemerdekaan Republik terus mengusir penjajah. Dan di antaranya ada di sini. Maka banyak tentara pelajar yang makamnya ada di sini hari ini ingin kita lihat. Lumayan terawat. Tentu kita menghormati pahlawan di manapun berada termasuk mereka yang tidak dikenal publik," kata Ganjar.

Tentara Pelajar sendiri merupakan bagian dari Ikatan Pelajar Indonesia (IPI) yang dipimpin oleh Imam Pratigyo. IPI berkembang pesat hingga saat ibu kota RI dipindah ke Yogyakarta dan IPI Purworejo menjadi IPI Kedu Selatan. 

Dikisahkan, berbagai serangan Tentara Pelajar (TP) dilakukan untuk menaklukkan tentara Belanda yang saat itu berada di wilayah Purworejo dan sekitarnya. Namun dalam perjuangannya itu, terdapat 21 pahlawan dari Kedu Selatan gugur

Untuk pahlawan dari TP yang dimakamkan di Wareng ada 6 orang, sedangkan lainnya tersebar di daerah lain termasuk di Taman Makam Pahlawan Purworejo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00