• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Magister Hukum Unissula Mengadakan Penyuluhan Di Pondok Pesantren Al Anwar Mranggen, Demak

9 November
19:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Magister Hukum Unissula Semarang dengan difasilitasi oleh Lembaga Bantuan Hukum Demak Raya (LBH Dera) mengadakan penyuluhan hukum di Pondok Pesantren Al Anwar Mranggen, Kabupaten Demak, Jumat (08/11/2019).

Penyuluhan hukum dengan tema "Perlindungan Hukum Hak-Hak Anak dan Kewajiban Anak  tersebut dipimpin langsung oleh Ketua MH Unissula Assoc. Prof. Dr. H. Umar Ma'ruf, SH., Sp.N, M.Hum dan sekretarisnya Assoc Prof. Dr. Hj. Sri Kusriyah, SH. M.Hum.

Dihadapan pengasuh pondok Pesantren Al Anwar, KH. Abdul Bashir Hamzah dan KH Gozali, serta sekitar 300 santri/santriwati pondok tersebut, Prof. Umar menyampaikan,  berdasarkan konvensi Hak Anak (KHA) yang diadopsi dalam UU 23/02 tentang Perlindungan Anak, terdapat 4 prinsip yang harus dipedomani dalam perlindungan anak.  

Keempat prinsip tersebut yaitu Non Diskriminasi (Non Discrimination), yang terbaik bagi anak (Best Interest of the Child),  kelangsungan hidup dan perkembangan anak (Survival and Development of the Child), serta mendengar pendapat anak (Respect for the Views of the Child). 

"Dari sekian banyak hak anak yang harus dilindungi, dapat digolongkan menjadi 4, yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi," ungkapnya. 

"Hak-hak tersebut menjadi tanggungjawab renteng negara, pemerintah dan pemerintah daerah, masyarakat, terutama orang tua dan keluarga," imbuhnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan pemberian bantuan dari MH Unissula ke Ponpes Al Anwar berupa beras, mie instan, uang, dll.(don).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00