• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

Tanah Longsor Mengintai Pemukiman Warga Kabupaten Magelang

7 November
15:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Tanah Longsor terjadi di dua lokasi di Kabupaten Magelang pada awal musim hujan tahun ini. Longsor tersebut diduga karena struktur tanah yang berada diperbukitan sehingga rawan bencana alam.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang Supranowo ketika dihubungi RRI, Kamis (7/11/2019).

Dikatakan, longsor yang diterjadi di desa Kaliangkrik dan Windusari Kabupaten Magelang tersebut tidak memakan korban jiwa. Oleh masyarakat sekitar dilakukan gotong royong untuk memperbaiki dampak longsor.

“Awal musim hujan ini telah terjadi longsor disamping dan belakang rumah di desa Kaliangkrik dan Windusari Kabupaten Magelang. Kita bantu logistik sembako dan bersama warga kerja bakti memperbaiki kondisi longsor,” imbuhnya.

Sementara itu, Supranowo berpesan agar masyarakat terutama yang berada dilereng perbukitan untuk waspada longsor ketika turun hujan dengan durasi sekitar 4 jam. Selain itu, ia meminta masyarakat memperbaiki saluran air rumah tangga agar ketika turun hujan tidak menimbulkan genangan.

“Genangan air pada satu titik ketika hujan dengan durasi lama atau sekitar 4 jam dapat mengakibatkan longsor,” pesannya.

Adapun terkait kesiapan BPBD Kabupaten Magelang memasuki musim hujan, Supranowo telah menyiapkan logistik kebencanaan dan sembako. Selain itu, saat ini pihaknya bekerjasama dengan PLN untuk melakukan pemangkasan pohon.

“Memasuki musim hujan potensi angin kencang sangat tinggi, oleh karena itu kami bekerjasama dengan PLN untuk melakukan pemangkasan pohon terutama yang dilintasi kabel listrik,” ujarnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00