• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Korupsi Kredit Fiktif, Tersangka Mantri BRI Kendal Seret Oknum Swasta

7 November
14:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang: Kejaksaan Tinggi ( Kejati) Jateng kembali menetapkan tersangka baru berinisial (S) selaku makelar dari kasus dugaan Kredit Umum Pedesaan atau Kupedes Fiktif BRI unit Kendal.

Sebelumnya, kasus ini telah menyeret oknum Marketing dan analisis mikro (Mantri) BRI Kendal inisial (YY) sebagai tersangka.

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng, Ketut Sumedana mengatakan tersangka (S) yang kesehariaanya bekerja di sektor swasta ini berperan membantu (YY) dalam pengajuan persyaratan kredit fiktif.

“Untuk mempermudah mempermulus kegiatan kredit fiktif ini ya pakai S ini, sekitar 45 orang yang difiktifkan atau dibantu dari S ke YY ini,” tandasnya saat ditemui dikantornya, Rabu (6/11/2019)

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, modus yang dilakukan tersangka (YY) yakni membuat persyaratan kredit fiktif , jaminan bodong dan nasabah fiktif yg diduga dibantu oleh 2 rekannya.

Ada 2 orang yang mengurus masing masing ada yang dapat fee tergantung pengajuan kreditnya ada yang Rp 1 juta, Rp 2 Juta,” tuturnya saat mengungkap tersangka pertama.

Menurutnya, untuk memuluskan perannya nasabah fiktif tersebut diberikan imbalan bervariatif dari 500rb sampai 2,5 jt.

“Ada sebanyak 50 orang dengan rata rata pemberian kredit Rp 20 jt sampai Rp 50 jt sehingga total kerugian yang ditimbulkan sebesar 1,9 M,” ungkapnya sebelumnya.

Menurutnya, dari total 1,9 miliar dana ini digunakan untuk keperluan pribadi dan bersenang- senang.

“Uangnya katanya untuk pijat, perempuan WIL, untuk renovasi rumah, beli motor, ada sebagian juga untuk pacarnyalah,” tandasnya.

Ketut menyebut penyidik kini masih terus mendalami perannya



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00