• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Memperluas Pelayanan Kepada Peserta,BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY Gandeng Perbankan

6 November
19:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : BPJS Ketenagakerjaan Memperluas jaringan dan pelayanan sebagai Implementasi BPJAMSOSTEK kepada peserta ,salah satunya dengan menggandeng sejumlah perbankan .
Hal tersebut disampaikan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Tengah- Daerah Istimewa Yogyakarta Suwilwan Rachmat kepada RRI di sela-sela kegiatan pertemuan BPJAMSOSTEK dengan BNI dan BRI di Semarang.

Pada kegiatan tersebut mengusung tema "Mengoptimalkan Kepuasan Pelanggan melalui optimalisasi efektivitas layanan kanal BPJS Ketenagakerjaan service point office (SPO)" di Semarang, Rabu (6/11/19).Pada acara tersebut hadir dalam kesempatan tersebut,pimpinan dari BNI dan BRI serta tim dari BPJAMSOSTEK Kanwil Jateng dan DIY.

"Upaya ini untuk mengoptimalkan operasional BPJamsostek dan mendekatkan pelayanan kepada pesertadengan mengandeng perbankan dengan beberapa bank di Jawa Tengah dan DIY," kata Suwilwan.

Ia menjelaskan kerja sama dengan perbankan tersebut mempermudah akses peserta mendapatkan layanan BPJS Ketenagakerjaan terutama Klaim Jaminan Hari Tua (JHT), karena tidak harus di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, tetapi bisa dilakukan di perbankan.

Ia mencontohkan bagi masyarakat Slawi yang tidak ada Kantor BPJS Ketenagakerjaan, maka bisa ke kantor perbankan terdekat, begitu juga bagi peserta yang berada di daerah lainnya.

"Selain kerja sama dengan BNI dan BRI, kami juga bekerja sama BTN dan Bank bjb dengan total 102 bank pairing," kata Pria yang akrab disapa Willy.

Perbankan, lanjut dia, dapat memberikan informasi kepada calon peserta tentang program jaminan ketenagakerjaan, memberikan formulir pendaftaran kepesertaan baru, membantu mengisi cheklist kelengkapan berkas kepesertaan, melakukan perekaman data pendaftaran perusahaan,m pembayaran iuran,d perluasan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Semua pengajuan klaim diakomodir terutama Jaminan Hari Tua karena berkaitan dengan individu langsung. Sinergi BPJAMSOSTEK dengan perbankan adalah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para peserta," demikian Willy.

Sementara itu Head Of Consumer Banking BNI i Gusti Nyoman Dharma Putra (Gustra) mengatakan,akan memperluas jaringan maupun titik untuk memberikan pelayanan kepada calon peserta BPJAMSOSTEK terutama para pekerja.

“ Dalam evaluasi tim dari BNI akan memperluas dan memperbanyak ,agar pelayanan yang lebih optimal akan memperluas jaringan dari 18 yang saat ini telah  ada di Jawa Tengah dan Jogjakarta,seperti daerah - daerah Industri Salatiga,Pekalongan,Kab Semarang dan Cepu,tetapi titik- titik akan dipertambah pada tahun 2019 ini,’’ ungkap Gustra.(AH)

  • Tentang Penulis

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00