• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Tak Tebang Pilih, Ops Zebra Polda Jateng Tindak Aparat yang Melanggar

23 October
09:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah mengedepankan penindakan diimbangi upaya mendidik dalam Operasi Zebra Candi 2019 bersama Kodam IV Diponegoro, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Jateng, Jasa Marga dan Dinas Pendidikan.

Tak pandang bulu, dalam operasi  yang digelar mulai 23 Oktober ini – 5 November 2019 baik anggota polri, TNI , sipil dan masyarakat yang melanggar akan di tindak tegas.

Hal tersebut dikemukakan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel usai gelar pasukan operasi Zebra Candi 2019 dihalaman Mapolda Jateng, Rabu (23/10/2019).

Rycko menyebut operasi ini dilakukan sebagai upaya menekan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan upaya penyadaran tertib lalu lintas pada masyarakat.

“Operasi ini utamanya untuk meningkatkan keselamatan. Disamping untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban berlalulintas. Tertib berlalu lintas merupakan budaya, tertib berlalu lintas dapat menekan kerugian jiwa maupun harta benda kita,” terangnya.

Menurutnya, tim gabungan tidak segan-segan menindak aparat dan masyarakat yang tidak melengkapi surat berkendara.

“Agar sebelum berlalu lintas melengkapi administrasi kelengkapan perseorangannya, SIM, STNK , kemudian yang kedua kelayakan dan kesiapan kendaraanya, apakah lampunya sudah nyala, termasuk mengunakan helm, ” katanya.

Selain itu, operasi ini juga menindak pelangaran terhadap rambu-rambu dan peraturan berlalu lintas.

“Melawan arus, melanggar rambu lalu lintas ini juga akan ditindak,” ujarnya.

Kadinas Perhubungan Jateng melalui Kepala Seksi Managemen Lalulintas Dishub Jateng, Adhi menyebut akan bersinergi untuk menertibkan pelangaran kelebihan muatan dan dimensi.

“Masyarakat dihimbau agar memperhatikan teknis dan kelayakan jalan. Lebih baik tidak berangkat dari pada tidak pernah sampai,” katanya.

Pangdam IV Diponegoro diwakili Asintel Kasdam IV/ Dip Kolonel Kav Wiratno mendukung penuh Operasi Zebra Candi dengan mengerahkan pasukannya. Anggota TNI juga diminta untuk memberi contoh dengan tertib berlalu lintas.

“Pelanggaran yang dilakukan anggota TNI sudah makin menurun kesadaran masyarakat semakin meningkat, malu kita jika sebagai anggota TNI kita tidak memberi contoh,” terangnya.

Sementara itu, menurut data Polda Jateng angka kecelakaan masih tinggi. Sejak Januari – September tercatat 19.262 kejadian kecelakaan atau 71 kali kecelakaan dalam 1 hari dan 11 orang meninggal /hari karena kecelakaan

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00