• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

DiEra Milenial Perjuangan Santri Merambah Media Sosial

21 October
12:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pemanfaatan teknologi menjadi perhatian khusus dihari santri tahun ini. Pengajaran pondok pesantren saat ini disebarkan melalui tayangan streaming agar dapat disimak masyarakat luas.

Salah satu Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang  Gus In’amuzzahidin Masyudi mengatakan, hari santri merupakan apresiasi dari pemerintah atas perjuangan kalangan santri bagi kemerdekaan Indonesia.

 “Kyai Hasyim pada 22 Oktober 1945 mengeluarkan resolusi jihad yang melecut semangat warga Surabaya dan sekitarnya mengusir penjajah yang datang ke Surabaya,” imbuhnya.

Gus In’amuzzahidin menerangkan, sejak sebelum kemerdekan hingga kini santri mempunyai peran yang besar bagi Indonesia. Hal ini terlihat dari resolusi jihad yang dikeluarkan Kyai Hasyim hingga pos penting dalam negeri ini dipegang oleh santri.

“Kecintaan santri terhadap negara terus dilakukan namun melihat konteks zaman. Jika zaman penjajah dilakukan dengan peperangan fisik, kini diwujudkan melalui jalur pendidikan,  masuk di pemerintahan dan legislatif. Di Jawa Tengah wakil Gubernur merupakan santri, wakil presiden kemarin yang dilantik juga santri dan banyak santri menjadi anggota legislatif serta kepala daerah,” ungkapnya.

Oleh karena itu Gus In’amuzzahidin menambahkan, di era milenial santri akan tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang saat ini terus diusik oleh pihak tertentu. Menurutnya perjuangan saat ini melalui perang pemikiran untuk mempertahankan ideologi negara dari ancaman pemikiran radikal.

“Santri akan terus belajar di pondok namun juga disebar luaskan melalui streaming agar masyarkat juga menikmati. Hal ini penting karena hingga saat ini ajaran pondok pesantren yang notabene tempat para santri terbukti ampuh dalam menanamkan kecintaan terhadap agama dan negara,” tegasnya.  

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00