• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Aplikasi Lapor Hendi dan Call Center 112 Resmi di Luncurkan

16 October
16:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Untuk meningkatkan kecepatan dalam merespon terhadap semua permasalahan yang ada di Kota Semarang, Pemkot Semarang meluncurkan aplikasi integrasi Lapor Hendi dan Aplikasi Darurat 112.

Adapun yang dijanjikan dari aplikasi terbaru ini terutama untuk kegawat daruratan yakni penanganan yang cepat dalam waktu maksimal penanganan 20 menit, sehingga situasi yang ada dapat segera diatasi oleh petugas. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, perbedaan aplikasi Lapor Hendi dan Call Centre 112 ini yaitu dari segi jenis laporannya.

"Jadi ada yang konvensional, tatap muka, ada yang SMS, whatsapp lewat lapor Hendi. Nah kalau 112 ini bisa telpon langsung, khususnya untuk kegawatdaruratan. Misal ada kebakaran, lihat tetangga jantung, butuh ambulan cepat, kecelakaan semua bisa dengan telpon call center 112," kata Hendi sapaan Wali Kota usai melaunching fitur baru call Center 112, di Hotel Semesta Semarang, Rabu (16/10/2019).

Bedanya dengan versi lama, lanjut Hendi, pada call center versi 3 ini semua OPD lebih terintegrasi, saling bersinergi. Misal ada laporam kebakaran, petugas akan menghubungkan pemadam kebakaran, ambulance dan kepolisian. Ketiga instansi ini akan terhubung langsung lewat gawai masing-masing.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengungkapkan aplikasi darurat 112 dalam versi ini, ada penambahan fitur baru  yakni jika ada laporan yang masuk ke admin call centre 112, maka secara otomatis memberikan notifikasi ke setiap OPD terkait sesuai dengan jenis laporannya.

"Aplikasi Lapor Hendi ada sebelum call center 112 dilaunching. Keduanya sama-sama diperuntukkan sebagai upaya mengatasi aduan masyarakat terkait keluhan permasalahan di kota Semarang. Namun 112 khusus untuk kegawatdaruratan seperti kecelakaan atau karena bencana," kata Bambang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00