• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Desa Punjulharjo Wakili Jawa Tengah Lomba Desa Wisata Nasional

16 October
15:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Rembang : Desa Punjulharjo dengan pantai Karangjahenya masuk dalam nominasi untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam lomba desa wisata nusantara 2019 tingkat nasional. Dari 158 peserta desa wisata se Indonesia yang telah diverifikasi atau di seleksi melalui kiriman video, tersisa 28 desa yang tersebar diseluruh Nusantara termasuk desa Punjulharjo yang telah memenuhi seleksi awal.

Saat ini tim verifikasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tiba di Rembang untuk melakukan tahap verifikasi lebih lanjut ke Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang. Mereka disambut dan diterima oleh Wakil Bupati Rembang H. Bayu Andriyanto di Rumah Dinas Bupati, Rabu (16/10).

Wakil Bupati Rembang H. Bayu Andriyanto dalam sambutannya dihadapan tim verifikasi penilaian lomba desa wisata nusantara mengatakan, Pantai Karangjahe di Desa Punjulharjo merupakan salah satu tempat berlibur yang banyak digemari para wisatawan. Baik dari wisatawan lokal maupun luar daerah sering menghabiskan waktu liburannya ke pantai Karangjahe.

Jika membahas wisata di Kabupaten Rembang, ada banyak sekali tempat wisata yang berhubungan dengan pantai. Selain Pantai Karangjahe terdapat pantai caruban, pangai nyamplung, hutan mangrove atau biasa disebut jembatan merah, hingga pantai balong mulyo di Kecamatan Kragan dan pantai wates di Kecamatan Kaliori. 

Menurutnya, Kabupaten Rembang memiliki potensi wisata pantai yang luar biasa yang tidak dimiliki Kabupaten lain. Dengan potensi tersebut Pemkab juga untuk menguatkan partisipasi masyarakat, kerjasama dan kemandirian masyarakat yang dilandasi dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi melalui destinasi desa wisata.

"Alhamdulillah sekarang muncul gerakan-gerakan Bumdes, akhirnya disitulah yang saya harapkan, yang saya inginkan, yang saya cita-citakan pemberdayaan masyarakatnya muncul. Ketika pemberdayaan masyarakatnya muncul, disitulah ada dampak multiplayer terhadap perekonomian. Rasa memiliki desanya, pembangunan desanya akhirnya antara desa satu sama yang lain berlomba lomba untuk menampilkan sesuatu hal yang sifatnya untuk potensi desanya menjadi sebuah unggulan," kata Wabup Bayu.

Pihaknya berharap, dalam penilaian tim verifikasi penilaian lomba desa wisata nusantara Desa Punjulharjo melalui pantai Karangjahenya dapat berjalan lancar. Dan Desa yang memiliki pesona pantai yang indah itu mampu melenggang ke tahapan berikutnya dalam Lomba Desa Tingkat Nasional.

Sementara itu, Ketua tim verifikasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Iwan Yuliadi menyebutkan, lomba Desa Wisata Nusantara 2019 diikuti sebanyak 158 desa dari 90 kabupaten dan 25 provinsi se Indonesia. Ada beberapa hal yang perlu dilihat dalam desa wisata sehingga memiliki kategori baik. Tahap verifikasi yang dilakukan diantaranya lapangan atau titik lokasinya seperti apa, infrastruktur penunjang, serta administrasi dan pembukuannya.

“Diantaranya Desa Punjulharjo ini termasuk salah satu dari 28 desa yang dikunjungi untuk verifikasi. Dalam verifikasi nanti kita akan melihat bagaimana mulai dari pengelolaan, atraksi budayanya dan kegiatan wisata yang lain maupun sistem pengadministrasian dan pengelolaan objek wisatanya," pungkasnya.”

Setelah kegiatan di rumdin Bupati, tim verifikasi kemudian meninjau langsung ke pantai Karangjahe. (Mifta)

  • Tentang Penulis

    mifta

    <p>kntributor wilayah rembang, </p><p>HP:081910776279</p>

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00