• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Pencanangan Kampung KB, Membawa Masyarakat Sejahtera

9 October
22:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Pemerintah Kabupaten Batang memilih Desa Sodong sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Percontohan, dikarenakan tingkat kesadaran warganya untuk memgikuti program KB, sehingga kehidupan masa depannya lebih sejahtera.

“Presiden sudah memulai program ini dengan sebutan “Kampung KB” sejak tahun 2016, karena memang pusatnya di kampung. Kalau kampungnya sejahtera, masyakat kecamatan dan kabupatennya pun ikut sejahtera,” terang Bupati Batang Wihaji saat melaunching Kampung KB di Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Rabu (9/10/2019).

Menurut Bupati, program ini diawali dari kampung, karena pusat kekuatannya ada di kampung, dengan beragam permasalahannya. 

“Semangat yang dibawa adalah warga Desa Sodong lebih memiliki kesadaran, bahwa untuk menjadi sejahtera diawali dengan prinsip dua anak lebih baik, karena secara pendidikan maupun ekonomi akan lebih maju,” tegasnya.

Bupati menambahkan, dengan data kependudukan yang lengkap, maka Pemerintah bisa mengetahui jumlah generasi usia produktif, tingkat pendidikan yang maju dan jumlah lansia yang masih produktif.

“Desa Sodong bisa menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali, karena harapan hidupnya tinggi. Itu semua karena mulai dari makanan yang dikonsumsi masih alami, suasananya masih asri, jadi angka harapan hidup bisa mencapai 85 tahun,” tandasnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Wagino mengapresiasi Kampung KB di Desa Sodong dapat mengidentifikasi permasalahan di tingkat kampung.

“Di sini sudah tersedia data yang lengkap, jadi jangan lupa kalau ada penilaian tingkat provinsi, Kampung KB di Desa Sodong diikutkan, karena tingkat kemandiriannya tinggi,” tuturnya.

Melihat usia lansia di Desa Sodong mencapai 85 tahun, tentu ini melebihi angka harapan hidup Provinsi Jawa Tengah, yang hanya 74 tahun. 

“Saya percaya hal ini terjadi karena warganya mengonsumsi makanan yang alami, sehingga lansia di sini bisa berusia lebih panjang,” ungkapnya.

Wagino mengharapkan, pencanangan Kampung KB Desa Sodong, tidak hanya sampai di tingkat provinsi, tetapi bisa mencapai tingkat nasional. Ke depan seluruh Jawa Tengah dapat menjadi Kampung KB percontohan.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Batang, dr. Muchlasin menyampaikan, Kabupaten Batang telah memiliki 35 Kampung KB. Dan dengan dicanangkannya Desa Sodong sebagai Kampung KB Percontohan, diharapkan dapat meningkatkan keluarga yang berkualitas. (Heri/don).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00