• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Lebih dari 100 Makalah Ikuti Isemantic Udinus 2019

22 September
08:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menggelar International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (Isemantic) pada (21-22/9/2019), dengan tema “Industri 4.0: Retrospect, Prospect and Challenges”.

iSemantic merupakan akronim dari Seminar Internasional tentang Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang  dihadiri oleh pembicara dari mancanegara.

"Dalam kegiatan tersebut lebih dari 100 makalah telah kami terima dan dipublikasikan," ujar ketua Panitia iSemantic 2019, Andik Setyono, PhD, Sabtu (21/9).

Seminar diikuti oleh peserta yang berhasil lolos dengan kriteria makalah yang telah ditentukan oleh panitia, yaitu para peneliti, akademisi, mahasiswa dan masyarakat industri yang telah lolos seleksi awal yang diumumkan pada 21 Juli 2019.

"Makalah yang diserahkan harus memenuhi kriteria diantaranya orisinalitas, kebaruan, belum dipublikasikan dan harus ditulis dalam bahasa Inggris,” imbuh Andik.

Andik juga mengungkapkan, makalah yang telah dikirimkan oleh peserta akan ditinjau kembali dan akan diinput dalam IEEE Xplore yang terindeks. 

“Makalah yang telah dikirimkan, akan ditinjau oleh tiga reviewers yang akan dikenakan proses peer-review. Setelah proses tersebut makalah akan dimasukkan dalam IEEE Xplore yang terindeks oleh Scopus dan lebih dari 100 makalah telah kami terima dan dipublikasikan,” pungkasnya.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung E Udinus, diikuti ratusan peserta yang telah mendaftar dan mengirimkan makalah serta dihadiri oleh sekitar 300 peserta seminar.

Seminar tahunan tersebut menghadirkan empat narasumber yang berkompeten pada bidang teknologi dan industry, yaitu Dr. Ophirtus Sumule DEA dari Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Dean Sharafi dari Curtin University, Dr. Takashi Hiyama dari Kumamoto University dan Ono noriyuki dari Mitsubishi Electric Corporation.

Adapun topik yang dibahas, diantaranya Topik makalah mengenai Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Listrik dan Elektronik, Teknologi E-computing, Teknologi untuk Studi Bahasa dan Sastra, dan Teknologi E-health.

Sementara pembicara dari curtin university, Dean Sharafi menjelaskan bahwa perkembangan dunia elektrik terus mengalami perkembangan dari jaman ke jaman. 

Menurutnya industripun juga terus mengubah cara kerjanya. Kini industri memasuki dunia digitalisasi.

"Big data menjadi sebuah energi bagi industri di era 4.0. Kita juga dapat merancang masa depan dan menjalankan ide dari sumber big data itu," tegasnya. 

Terpilih menjadi Best Paper Isemantic 2019 yaitu Authors: Nur Yusuf Oktavia, Evi Septiana Pane, Adhi Dharma Wibawa, dan Mauridhi Hery Purnomo. Paper Title: Human Emotion Classification Based on EEG Signals Using Naïve Bayes Method. Affiliation: Department of Electrical Engineering, Institut Teknologi Sepuluh September, Surabaya, East Java, Indonesia, 60111.

Sedangkan Best Presenter Isemantic 2019 berhasil diraih oleh Imamul Ahsan dari Islamic University of Technology, Bangladesh. (Don).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00