• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Sinergitas Tim PKK Jateng Dengan BKKBN

20 September
14:02 2019
1 Votes (5)

KBRN, Semarang : Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Hj. Siti Atikoh Ganjar Pranowo  mencanangkan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Jawa Tengah di Aula Gedung Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah,  Semarang, Jumat (20/9/2019).

Pencanangan ini dimaksudkan untuk memantabkan kesepakatan dan koordinasi antar Tim Penggerak PKK dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2019.

Ketua TP PKK Siti Atiqoh  berpesan agar gencarnya Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan hendaknya tidak hanya dilakukan di tingkat Pusat dan Provinsi, tetapi juga harus dilaksanakan di seluruh Kabupaten dan Kota, bahkan hingga ke tingkat paling bawah RT dan RW.

"Saya harap TP PKK Kabupaten/ Kota dapat bekerjasama dengan instansi terkait untuk menyelenggarakan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan secara berjenjang mulai dari  RT , RW desa/ kelurahan, kecamatan dan kabupaten/ kota", pesan  Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

Bahkan, PKK berhasil menggerakkan partisipasi masyarakat untuk secara bergotong-royong meningkatkan kesejahteraan keluarga yang bermuara pada terbentuknya keluarga kecil sehat dan berkualitas.

"Saya menghimbau Kader PKK bekerjasama dengan Penyuluh Keluarga Berencana, PPKBD/ Sub PPKBD, Bidan dan tenaga medis yang ada di lapangan melaksanakan advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi  mengenai program KKBPK dan kesehatan bagi masyarakat agar masyarakat tergerak untuk berperilaku hidup sehat, turut menjadi peserta KB dan berpartisipasi aktif dalam kelompok kegiatan", lanjut Atikoh.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Wagino menyatakan, melalui sinergitas dan kolaborasi dengan tim penggerak PKK hingga di tingkat paling bawah,  membantu tugas PLKB yang hingga saat ini masih terbatas dalam mensosialisasikan program KKBPK.

“ Di Jawa tengah ada sekitar 1.800 Pkb, 1 pkb membina antara 5 hingga 7 desa,  nah dengan PKK ini kan semua mulai dari RT , RW, Kelurahan maupun Desa itu ada PKK sangat potensial untuk di sinergitaskan , karena lagu Mars Pkk itu ada semua di program BKKBN”, tandas Wagino.

Pencanangan PKK KB Kesehatan  dihadiri 150 peserta yang terdiri dari unsur PKK provinsi, kabupaten khususnya Pokja IV, OPD KB kabupaten Kota dan mitra kerja terkait. Harapannya, setelah dicanangkan, para pengurus dan kader PKK dapat memiliki persepsi yang sama tentang pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK- KKBPK -Kesehatan sehingga mantap dalam persiapan pelaksanaan Evaluasi Posyandu, PHBS, LBS, dan PKK- KKBPK –Kesehatan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00