• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Infrastruktur Jalan Kendal Ditargetkan Selesai Tahun 2020

17 September
20:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Tiga tahun kepemimpinan Bupati Kendal, dr Mirna Annisa MSi, pembangunan jalan menjadi salah satu prioritas pembangunan yang ditonjolkan di Kendal. Hal itu lantaran, banyaknya akses jalan dikeluhkan masyarakat Kendal lantaran kondisi yang rusak berat.

Data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, pada saat awal Bupati Mirna menjabat di tahun 2016, Kondisi jalan di Kendal yang rusak berat mencapai 393 kilometer. Jumlah tersebut lebih dari 51 persen dari total panjang jalan di Kendal sepanjang 770 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Kendal Sugiono Menjelaskan, kondisi jalan di Kendal telah jauh berbeda, setiap tahun selalu mengalami perbaikan jalan, setidaknya selama tiga tahun terakhir, peningkatan dan pemelirahaan jalan terus di genjot oleh Bupati Mirna melalui DPUPR Kendal.

“Total selama tiga tahun hingga akhir 2019 ini kami menyelesaikan 325,3 kilometer. Jadi hingga akhir tahun 2019 ini, dari 770 kilometer panjang jalan di Kendal, sepanjang 702,3 kilometer sudah dalam kondisi  mantap alias baik” Jelas Kepala DPUPR Kendal Sugiono, Selasa (17/9/2019).

Sementara Kondisi jalan Kendal yang masih rusak berat hanya menyisakan 67,7 kilometer yang nantinya akan diselesaikan di tahun anggaran 2020. Adapun 325,3 kilometer jalan yang sudah dibangun tersebut rinciannya terdiri dari 136,29 kilometer berupa peningkatan jalan dengan beton. Sedangkan sisanya 189,01 kilometer berupa pemeliharaan dengan pengaspalan hotmix (ACWC).

Menurut Sugiono, Selain pembangunan jalan kabupaten, infrastruktur pendukung jalan berupa jembatan turut mendapatkan perhatian dari DPUPR Kendal, Dari 155 jembatan, kondisi jembatan rusak masih menyisakan sekitar 50 jembatan.

Disisi lain, Bupati Kendal Mirna Annisa berharap kepada masyarakat Kendal, untuk berpartipasi dalam pembangunan jalan di Kendal. Diantaranya dengan ikut melakukan pengawasan pada saat pelaksanaan pembangunan jalan, Selain itu ikut merawat jalan yang sudah selesai dibangun.

"Caranya yakni dengan tidak melakukan perusakan. Selain itu pemakaian Jalan harus sesuai diharapkan tonase. Artinya kendaraan yang yang melintas tidak boleh mengangkut kapasitas melebihi dari kekuatan jalan Dengan begitu, jalan dapat awet atau berumur sesuai yang direncanakan” Ungkap Mirna Annisa.

  • Tentang Penulis

    Adetya krisna Prastyo

    Kontributor RRI Semarang "Loyalitas dan Integritas"

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00