• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Aliansi Semarang Raya Lakukan Aksi Protes soal RUU KPK

17 September
16:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Puluhan mahasiswa dan sejumlah aliansi masyarakat, Selasa (17/09/2019) menggelar aksi protes penolakan Revisi UU KPK dan terpilihnya pimpinan KPK yang dianggap bermasalah. Mereka berkumpul didepan kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah, di Jalan Pahlawan Semarang menyuarakan sejumlah aspirasinya.

Sempat terjadi ketegangan dalam menyuarakan aspirasinya didepan kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah, lantaran mereka terlalu lama menunggu perwakilan dari anggota dewan yang tidak kunjung menemui.

Aksi memanas tersebut surut lantaran beberapa perwakilan dari mahasiswa yang berhasil membawa keluar dua pimpinan dewan yakni Sukirman dari Fraksi PKB dan Quatly Abdulkadir Alkatiri dari Fraksi PKS.

Menurut Kordinator aksi, Frans Napitu Alansi Semarang Raya yang terdiri dari banyak elemen pergerakan se-Semarang Raya telah melaksanakan konsolidasi akbar guna menyikapi persoalan KPK yang menjadi perhatian publik akhir-akhir ini.

“ Konsolidasi dinilal sangal penting dilakukan guna memberikan dukungan soliditas dan kecaman kepada segenap elemen yang berupaya untuk melemahkan pengaruh KPK dalam menjalankan tugas untuk memerangi korupsi, yang kita ketahuí bersama merupakan kejahatan luar biasa dan sangat merugikan negara,” sebutnya.

Aliansi Semarang Raya, lanjut Frans menilai upaya merevisi RUU KPK justru berpotensi melemahkan KPK, apalagi ditambah dengan sejumlah pimpinan KPK juga menilai pro dan kontra karena dianggap bermasalah.

Adapun tuntutan yang tertulis dan ditandatangani perwakilan anggota dewan yakni, Menolak Revisi Undang-Undang KPK, karena tidak ada urgensinya dan melemahkan KPK sehingga pembahasannya harus dihentikan. Kedua, Menaruh mosi tidak percaya kepada pimpinan KPK terpilih dikarenakan rekam jejaknya yang bermasalah. Ketiga, Mendukung segala bentuk indakari yang diambil KPK saat ini guna menye?amatkan masa depan KPK dan penegakan anti korupsi di lndonesia.

Dalam kesempatan ini, Aliansi Semarang Raya juga memberikan tiga ekor tikus kepada perwakilan anggota DPRD Jawa Tengah sebagai symbol ketidakpuasan.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

00:00:00 / 00:00:00