• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

BKKBN Sosialisasi Program KB Lintas Batas

17 September
15:38 2019
1 Votes (5)

KBRN Sragen : Wilayah perbatasan antar provinsi acap kali menjadi area yang warganya mengalami hambatan dalam mendapatkan pelayanan kontrasepsi. BKKBN merespon hal ini dengan menggelar pelayanan KB gratis di Puskesmas Sambungmacan II,  Kabupaten Sragen,  Selasa (17/9/19). Pelayanan KB diikuti oleh 200 calon akseptor dari wilayah sekitar Puskesmas, termasuk warga Kabupaten Ngawi provinsi Jawa Timur yang tinggal tak jauh dari lokasi tersebut.


Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo hadir dalam kegiatan ini untuk berdiskusi dengan calon akseptor dan provider KB di puskesmas tersebut. Kehadirannya didampingi Deputi Bidang KBKR Dr. Ir. Dwi Listyawardhani, M.Sc., Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino, SH, M.Si, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur H. Yenrizal Makmur,SP, MM

Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo menegaskan, berupaya maksimal agar pelayanan KB dapat menjangkau pelosok negeri sehingga tidak menjadi faktor penyebab unmetneed (pasangan usia subur tidak terlayani KB). 

“Angka unmetneed masih cukup tinggi, pada SDKI 2017 mencapai 10,6 persen, yang bila dikonversikan maka ada sekitar 5,5 juta pasangan usia subur yang membutuhkan KB namun belum terlayani," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengakui, angka pernikahan anak dan perceraian di wilayahnya masih tinggi. 

“Yang menjadi PR bagi kami  pernikahan anak dan perceraian angkannya sungguh sangat memprihatinkan, bahkan perceraian  ditahun 2018 mencapai 1.500 perceraian  yang disebabkan berbagai faktor," ungkapnya 

Dalam kesempatan tersebut Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Jateng Wagino dan Bupati Sragen dr. kusdinar Untung Yuni Sukowati melakukan peninjauan layanan KB gratis di Puskemas 2 Kecamatan Sambungmacan Sragen.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

00:00:00 / 00:00:00