• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Disperkim Kota Semarang Siapkan Penerangan Smart Lighting

17 September
14:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Penerangan jalan umum di Kota Semarang masih menjadi persoalan lantaran masih ditemukan lampu yang tidak menyala di beberapa ruas jalan.

Warga Ngaliyan, Rista mengaku masih menjumpai penerangan jalan yang mati di beberapa ruas jalan. "Penerangan di Jalan Prof Hamka Ngaliyan kadang mati." katanya, Selasa (17/09/2019).

Menurut Rista, ada kekhawatiran tersendiri apabila penerangan jalan tidak maksimal, sebab hal itu dapat menimbulkan kejahatan di jalan. Di sisi lain, juga dapat memicu tingkat kecelakaan di Kota Semarang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Ali mengakui penerangan jalan umum memang masih menjadi sedikit persoalan di Kota Semarang, bahkan hingga saat ini, masih ada laporan penerangan jalan yang mati.

Setiap laporan penerangan jalan mati, pihaknya langsung menindaklanjuti dan memperbaikinya. Dari laporan yang masuk, sebagian besar kerusakan diakibatkan ulah masyarakat yang tidak bertanggungjawab.

"Setelah kami tindaklanjuti laporan, banyak lampu mati akibat ulah masyarakat sendiri. Bahkan saat kami cek ternyata komponen lampu hilang, padahal sudah digembok tapi tetap saja dirusak," ungkap Ali di ruang kerjanya.

Ali menyayangkan ulah masyarakat yang masih merusak fasilitas umum karena hal ini sangat merugikan masyarakat lain. Saat ini, pihaknya tengah memikirkan konsep smart lighting di mana nantinya seluruh penerangan jalan umum dapat terkontrol langsung dari kantor Disperkim Kota Semarang. Smart lighting ini nantinya juga akan lebih praktis lantaran dapat langsung dinyalakan maupun dimatikan dari ruang kontrol.

"Kami sudah membangun ruang kontrol. Nanti akan kami integrasikan dengan ruang kontrol milik Diskominfo agar mempermudah pengawasan," bebernya.

Ali menambahkan, sementara ini titik yang menjadi uji coba smart lighting yakni di Jalan Jendral Soedirman. Penerangan di jalan tersebut sudah menggunakan jenis lampu smart.

Rencananya, pihaknya akan memperluas lampu smart di beberapa jalan protokol kemudian merambah hingga jalan perkampungan.




tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

00:00:00 / 00:00:00