• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Kompetensi Dan Regulasi menjadi Tantangan Kemaritiman Di Era Industri 4.0

14 September
16:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Tuntutan kompetensi dan perubahan regulasi menjadi tantangan dunia kemaritiman Indonesia saat ini. Oleh karena itu peningkatan kompetensi melalui kurikulum pendidikan mutlak dilakukan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) siap kerja di era revolusi industri 4.0.

Hal tersebut disampaikan Direktur Politeknik Bumi Akpelni Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto seusai kegiatan Wisuda Perwira Remaja Pelayaran Niaga dan Diploma III Politeknik Bumi Akpelni ke-44 Tahun 2019 di kampus Akpelni, Sabtu (14/9/19).

Menurutnya, peluang bekerja didunia kelautan sangatlah besar, apalagi pemerintah saat ini mencanangkan program tol laut dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Namun jika tidak didukung oleh kompetensi dan soft skill yang mumpuni, maka peluang tersebut akan terbuang sia – sia.

“Sekitar 50 persen lulusan wisuda ke 44 kali ini telah bekerja meski belum diwisuda. Hal tersebut karena kurikulum Akpelni bukan saja meningkatkan kompetensi, namun juga melatih soft skill seperti berbahasa inggris, pengambilan keputusan ,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pembina Yayasan Wiyata Dharma Soenarto mengatakan telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak untuk meningkatkan mutu kualitas taruna. Diantaranya dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

”Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika ada dua hal. Yang pertama adalah untuk pelaksanaan ujian dan sertifikasi Operator Radio Umum (ORU) secara mandiri di kampus, yang dimulai pada bulan September 2019 ini. Yang kedua adalah untuk kerjasama dalam mendidik masyarakat khususnya masyarakat nelayan,” jelasnya.(Syam/Ahy)

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00