• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

USM Bekali Siswa SMK Mengolah Makanan Dari Wortel

11 September
12:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (USM) kembangkan sayur jenis wortel menjadi olahan makanan seperti steak, nuget dan roti serta kue lainnya. Diharapkan hasil penelitian dari USM tersebut bermanfaat bagi masyarakat untuk dikembangkan menjadi produk bernilai ekonomi.

Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Iswoyo, MP mengemukakan, wortel dapat menjadi berbagai olahan makanan bukan saja dimanfaatkan sebagai sayur. Oleh karena itu pihaknya mengadakan pelatihan di SMKN 6 Kabupaten Kendal memberikan edukasi pengolahan wortel menjadi makanan alternatif.

“Pelatihan ini untuk menumbuhkan jiwa wirausaha generasi muda khususnya siswa siswi sekolah menengah kejuruan dan menambah wawasan dan  pengetahuan tentang olahan pangan berbasis wortel yang selama ini wortel hanya untuk sayur dan pakan ternak, padahal wortel bisa diolah menjadi stik, nuget, campuran bahan pangan seperti roti, kue dan lain-lain,” jelasnya Rabu, (11/9/19).

Lebih lanjut Iswoyo, MP menjelaskan siswa diberi pelatihan dan praktek langsung mengolah wortel, menjadi pangan yang bergizi tinggi setelah mengikuti teori. 

Kegiatan yang diikuti 65 siswa dan melibatkan 5 guru pendamping ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh LPPM USM.

Sedangkan seusai pelatihan, Iswoyo mengungkapkan dalam waktu dekat pihak SMKN 6 Kendal dan Fakultas Teknologi Pertanian USM akan menindaklanjuti pelatihan pengolahan wortel dengan  melakukan penanda tanganan kerja sama (MoU). Ia menilai, kerja sama kali ini akan diperluas cakupan kegiatan olahan pangan di SMKN 6 Kendal tersebut. 

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Admin Semarang

    System Admin RRI Semarang

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00