• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Dorong Kualitas Produk Elektroplating Juwana Pati, Tim PPPUD Undip Bantu Aplikasi Mesin Pemotong Logam dan Mesin Pengering Logam Dengan Technology Infrared Dryer

9 September
12:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro yang tergabung dalam program Produk Unggulan Daerah (PPPUD) pendanaan Ristek Dikti 2019, dengan Ketua Tim Dr. Aji Prasetyaningrum, ST, M.Si, dan Anggota tim Prof. Dr M. Djaeni ST, MEng dan Yudhy Dharmawan, SKM, M.Kes, melakukan kegiatan di industry kerajinan logam UKM Sinar Padi yang dipimpin Bp Supadi dan UKM Saestu Makaryo pimpinan Bp Mus Mugiono.

Produk kerajinan kuningan Juwana merupakan salah satu ikon komoditi unggulan Kabupaten Pati. Peningkatan kualitas produk dan penggunaan proses produksi yang ramah lingkungan sangat dibutuhkan untuk pengembangan industry kerajinan logam di Juana Kabupaten Pati. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas proses produksi, diversifikasi dan finishing produk serta memerapkan pengolahan produk logam dengan teknik eco-elektroplating yang bersifat green technology,” tutur  Ketua Tim Dr. Aji Prasetyaningrum, ST, M.Si, Senin (09/9/2019).

Dijelaskan pula, bahwa introduksi teknologi yang diberikan pada UKM adalah aplikasi mesin pemotong logam (bench lathe) dan mesin pengering logam dengan technology infrared dryer. 

“Dengan penggunaan teknologi akan terjadi peningkatan kapasitas dan kualitas produk logam kuningan. Model kerajinan logam lebih bervariasi dan keawetan produk (kualitas produk) semakin baik karena logam pelapis tidak mudah tergores atau pun rusak baik karena benturan maupun pengaruh kondisi udara sekitar dalam penyimpanan dan pemakaian,” ungkapnya.

“Pada program ini juga dilakukan pembenahan sistem manajemen dengan mengatur pembukuan dan keluar masuknya barang dengan sistem komputerisasi, serta penerapan good house keeping,” imbuhnya. 

Pelaksanaan kegiatan juga melibatkan pemerintah Kabupaten yaitu Bappeda, Dinas Kesehatan, dan Dispermasdes Kabupaten Pati yang diwakili oleh Drs. Moch. Sugiarto. Disamping juga juga melibatkan para tim mahasiswa Undip dan masyarakat setempat, sehingga terjadi link and match antara Perguruan Tinggi, Pemda dan industri. 

“Harapannya program bisa membentuk jaringan yang kuat (networking) antara UNDIP, Pemkab Pati, dan industri mitra sehingga meningkatkan daya saing industri logam kuningan di Kabupaten Pati,” pungkas Dr. Aji Prasetyaningrum, ST, M.Si. (Don).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00