• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Politeknik Bumi Akpelni Petakan Tantangan Kemaritiman Di Era Revolusi Industri 4.0

24 August
11:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Perkembangan revolusi industri 4.0 mengakibatkan terjadinya perubahan pola pendidikan, regulasi, kebutuhan industri dan teknologi dunia kemaritiman. Menyikapi hal tersebut Kampus Politeknik Bumi Akpelni mengelar seminar nasional “Kesiapan Dunia Maritim Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” untuk memetakan tantangan dan kesiapan kemaritiman dimasa kini.

“Kami undang unsur pemerintah, industri maritim dan pratisi kemaritiman untuk memetakan tantangan revolusi industri mulai metode pendidikan, regulasi yang berlaku dan kebutuhan industri maritim masa kini,” ungkap Direktur Politeknik Bumi Akpelni Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto disela – sela seminar, Sabtu (24/8/19).

Dijelaskan, dari unsur pemerintah dihadiri oleh jajaran Kemenristek Dikti dan Dinas Perhubungan (Dishub). Menurutnya, paparan Kemenristek Dikti diperlukan untuk memperbaharui kurikulum pendidikan agar sesuai dengan kebutuhan SDM di masa kini dan masa mendatang. Sedangkan penjelasan dari Dishub untuk mengetahui regulasi kemaritiman di era revolusi industri 4.0.

“Dari asosiasi pemilik kapal INSA juga dihadirkan untuk memberikan materi tentang teknologi kapal yang digunakan saat ini,” imbuhnya.

Disinggung terkait pelaksanaan hasil seminar nasional kali ini, Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto menegaskan akan menjadi masukan dalam kurikulum pendidikan Politeknik Bumi Akpelni. Selain itu, hasil seminar nantinya dipublikasikan secara on line agar dapat diakses oleh masyarakat.

“Hasil seminar ini akan menjadi masukan kurikulum kami, karena metode pendidikan harus disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan industri,” ujarnya.(Syam/Ahy)

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00