• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Upacara HUT Ke-74 RI, Camat Pedurungan Semarang Ajak Masyarakat Bergotong Royong

17 August
15:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Camat Pedurungan, Kota Semarang, DR. Drs. H. Kukuh Sudarmanto,S.Sos.,S.H.,M.M., menjadi Inspiktur upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Sabtu (17/8/19) pagi.

Upacara diikuti karyawan dan karyawati di lingkungan Kantor Kecamatan Pedurungan, Danramil dan Kapolsek Pedurungan, Lurah, Dharmawanita, PKK, Veteran, Pelajar serta Mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut Camat Pedurungan, Kukuh Sudarmanto membacakan sambutan tertulis Walikota Semarang Hendrar Prihadi, yang diantaranya tertulis bahwa 17 Agustus adalah sebuah peringatan perjuangan. Untuk mengingatkan kita bersama bahwa negeri ini dibangun dengan pengorbanan, bukan dengan ongkang-ongkang kaki sembari menengadahkan tangan.

"Tahun 2019 ini Kota Semarang diapresiasi Pemerintah Pusat Republik Indonesia lewat Bappenas RI, sebagai daerah dengan perencanaan dan pembangunan terbaik di Indonesia. Itu bukanlah hasil kerja individu, melainkan hasil kekompakan berbagai elemen di Kota Semarang yang bergotong royong bergerak dalam satu rampak barisan,” ucap Walikota yang dibacakan Camat Kukuh Sudarmanto.

Istilah Gotong royong di Kota Semarang, menurut Hendrar Prihadi tak lagi hanya menjadi sebuah catatan dalam buku pelajaran sekolah, melainkan telah dihidupkan menjadi sebuah konsep pembangunan yang berkesinambungan. 

"Hal ini dapat dirasakan dari pola aktifitas ekonomi Kota Semarang, yang didorong untuk lebih mampu memberikan pemerataan kesejahteraan. Yaitu dengan menggeser fokus kegiatan ekonomi yang semula dominan pada aktifitas industri, menjadi dominan ke aktifitas berdagangan dan jasa, khususnya sektor pariwisata, sehingga dapat memberikan peluang yang lebih luas pada berbagai segment masyarakat untuk ambil bagian,” tuturnya.

Seusai menjadi inspektur upacara, Kukuh Sudarmanto kepada wartawan menjelaskan, dalam rangka memperingati 74 Tahun Kemerdekaan RI ini, untuk para pegawai di lingkungan Kecamatan Pedurungan harus menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Harus menjadi SDM yang maju, sehingga kualitas itu harus menjadi titik fokus para pegawai di Kantor Kecamatan Pedurungan, dalam rangka melayani masyarakat dan untuk membangun bersama sama Kota Semarang," ucapnya.

"Disamping itu, untuk warga kota Semarang yang tinggal di Kecamatan Pedurungan juga harus terus melaju meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, yang diaharapkan bisa mengangkat harkat derajat kota Semarang agar bisa terus berkiprah dalam negara kesatuan RI,” imbuhnya.

Khusus kepada warga Kecamatan Pedurungan, Kukuh mengharapkan agar terus berupaya bersama-sama memajukan kota Semarang dengan guyub, rukun dengan cara gotong royong.

Karena menurutnya, dengan membangun kota kita tercinta ini, berarti kita bangga dengan kota Semarang dengan cara meningkatkan kwalitas SDM kita untuk menyongsong Negara Indonesia yang lebih maju lagi.

“Gotongrayong dalam hal ini, untuk pembangunan kota Semarang tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Semarang saja, namun Stakeholders masyarakat kota Semarang yang cerdas bersama-sama untuk membangun kota Semarang tercinta ini agar menjadi kota yang lebih hebat lagi,” pungkas satu-satunya Camat di Indonesia yang bergelar Doktor ini. Bahkan menurut Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID), Kukuh Sudarmanto merupakan satu-satunya Camat di dunia yang bergelar Doktor.

Setelah upacara dilanjutkan dengan ramah tamah dan pembagian hadiah hasil berbagai lomba dalam rangka peringatan HUT RI ke 74. (Don).


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00