• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

RRI Diminta Percaya Diri, Kuatkan Konten Penyiaran Dan Perubahan Di Era Multiplatform

14 August
19:03 2019
2 Votes (3.5)

KBRN, Semarang : Radio Republik Indonesia – RRI sebagai radio publik diharapkan dapat memberikan konten penyiaran yang berkualitas dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan baik terhadap para pendengar. Kegiatan yang dilakukan RRI sangat sebuah keharusan untuk dirubah dalam meningkatkan kualitas di era digital.

Sebuah kegiatan yang dilakukan RRI harus mengikuti perkembangan zaman dan dirubah dalam menghadapi era digital saat ini. Hal ini Karena ada sebuah generasi yang tentunya akan berubah dan persaingan dalam penyiaran akan lebih banyak,” Kata Pengamat Komunikasi Fisip Universitas Diponegoro Semarang, Lintang Ratri , di Studio Budaya Ki Narto Sabdo RRI Semarang, Rabu(14/8/2019).

Adapun dalam kegiatan programa, progam dan konten di era Multiplatform ini dinilai cukup baik dalam menangkap sebuah konten yang berkualitas dan diinginkan bagi para pendengar. Namun demikian, Lintang Ratri juga mengingatkan kepada RRI tetap menjaga pada DNA dalam sebuah lembaga penyiaran publik dan tetap pada kualitas power penyiaran yang dimilikinya.

“Pihaknya meminta kepada RRI tetap pada koridornya tersendiri dan jangan sampai berfokus pada kompetisi pada swasta. Menurutnya hal itu tidaklah sangat penting dalam bidang penyiaran.”Ujarnya

Di era Multiplatform ini, Radio Republik Indonesia – RRI diharapkan dapat mengadopsi teknologi baru, seperti podcast, menjadikan fungsi rujukan informasi yang berkualitas atau tidak hoax, memberdayakan publik untuk mengisi konten-konten di RRI dan menguatkan kembali konten publik yang berada diluar negeri.

Sementara itu, Ketua LBH Penyambung Titipan Rakyat di advokasi dan Kebijakan Publik, Zainal Abidin Petir mengemukakan, sebagai lembaga penyiaran publik untuk menjadikan konten program yang maju, baik dan berinovasi, harus adanya support yang besar dan kuat dari Pemerintah. 

“Dalam hal ini ketika memberikan kebebasan untuk membuat program yang berinovasi, harus diikuti dengan anggaran yang besar. Akan tetapi, menurut Zainal Abidin Petir, Radio Republik Indonesia sangat kuat untuk penguatan program,"Jelasnya(dit/ah)

  • Tentang Penulis

    Pradityo Utomo

    Saya adalah reporter RRI Semarang

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00