• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Jiwa Rasa Nasionalisme Generasi Muda Harus Ditanamkan Dan Ditumbuhkan Sejak Dini

13 August
12:06 2019
1 Votes (5)

KBRN, Semarang : Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 58 yang diselenggarakan pagi besok, Rabu (14/8), mengangkat tema Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Membangun Keutuhan NKRI. Dengan peringatan HUT Pramuka tahun ini, Jiwa gerakan pramuka dapat ditanamkan dan ditumbuhkan kepada generasi muda tetap semangat, produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya.

“Pramuka sebagai kegiatan di luar ruangan akan terus diperkuat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam memperingati Hari  Ulang Tahun Pramuka ke 58, untuk Kwartir Ranting, Kwartir cabang atau Kwartir daerah tetap menggalakan bersih lingkungan yang ada di lautan dan di wilayah pesisir.  Dengan hal ini, beberapa anggota pramuka dan elemen masyarakat bersama-sama membersihkan sampah yang ada di pantai atau menggalakan bebas dari dari sampah yang ada di lautan,”Kata Pembantu Pembina Pramuka Pasukan Pembawa Amanah, Abdul Baqi saat ditemui RRI, Selasa (13/8/2019).

Generasi muda yang menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI, rasa nasionalisme anggota pramuka saat ini tetap dikentalkan dan ditumbuhkan yaitu cinta tanah air. Adapun di Hari Ulang Tahun gerakan Pramuka ke 58, generasi muda diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, rasa cinta kepada kegiatan dan rasa nasionalisme harus diperkuat dari kegiatan gerakan pramuka. 

“Kegiatan mendasar yang dilakukan para Guru dan Pembina Pramuka dalam menumbuhkan rasa nasionalisme kepada Siswa terus diterapakan di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang, diantaranya  untuk kedisiplinan, kerapian dalam berpakaian, kegiatan upacara, berdoa bersama, outbound dan bakti masyarakat ,” Ujarnya
Sementara itu, kegiatan pramuka bagi para siswa 7 dan 8,  dengan dibantu oleh para Pembina di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang dilakukan secara rutin dalam setiap seminggu sekali. Hal ini sebagai bentuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan scouting skill atau pengetahuan  ke pramukaan.(Dit/AH)

  • Tentang Penulis

    Pradityo Utomo

    Saya adalah reporter RRI Semarang

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00