• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESEHATAN

Campuran Sayuran Dapat Turunkan Kadar Lemak Dalam Daging Merah

12 August
17:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Konsumsi  daging sapi atau kambing yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Selain itu cara memasak daging hewan qurban dapat mempengaruhi kondisi kesehatan.

Dokter Umum Klinik Larizma Husada Bawen Kabupaten Semarang Dokter Alditra Fauzy Kurnia Rahman mengatakan, daging merah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga asupan yang berlebihan cenderung memicu kolesterol meningkat, Senin (12/8/19).

“Jika memasak daging sapi atau kambing untuk tidak terlalu asin dan pedas karena dapat menimbulkan hipertensi, nyeri dan mual bahkan diare” imbuhnya.

Diterangkan, Daging merah dan jeroan juga mengandung asam urat tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan persendian terasa pegal-pegal.

“Kuncinya dimasak dengan baik, pengolahannya higienis, suhunya pas, sehingga bakteri dan kumannya mati,” jelasnya.

Sedangkan untuk pengolahan daging sapi dan kambing, Alditra Fauzy Kurnia Rahman berpesan, agar juga mencampurnya dengan sayuran hijau. Menurutnya, sayuran dalam masakan daging berfungsi sebagai antioksidan serta dapat menurunkan kadar lemak.

“Perbanyak minum air putih dan campurkan sayur hijau pada masakan daging untuk mengurangi kandungan lemak dan antioksidan pada daging sapi maupun kambing,” ujarnya.(Syam/AH)

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00