• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Abraham Samad Ingatkan Integritas Pansel KPK

3 August
16:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad menilai keberhasilan pemberantasan korupsi di Indonesia tergantung pada sosok pemimpin KPK. Menurutnya, figur ketua merupakan tokoh kunci seluruh jajarannya dalam menjalankan tugasnya.

Oleh karena itu, Abraham Samad menekankan titik fokus pada panitia seleksi (pansel) yang saat ini berlangsung terkait tentang integritas. Pansel harus menemukan orang yang tepat untuk menjalankan tugas pemberantasan korupsi.

"Pansel haruslah orang yang integritasnya sudah peripurna agar menemukan pemimpin KPK yang integritasnya paripurna pula," kata Abraham Samad di Universitas Semarang (USM), Sabtu (3/8/19).

Pansel Capim KPK, lanjutnya, juga harus menjaga integritas dalam proses pencarian pemimpin agar menghasilkan ketua KPK yang jujur. Jika pansel tidak jujur, akan memunculkan kecurigaan publik.

Disisi lain, terkait dibukanya kantor perwakilan KPK di tiap wilayah, Abraham Samad mengatakan hal tersebut sudah menjadi rencana strategis (renstra) KPK sejak dulu. Namun belum dapat direalisasikan karena menunggu persetujuan DPR terkait dengan anggaran.

"Saya rasa memang butuh adanya kantor perwakilan KPK di tiap daerah. Satu kantor yang ada di Jakarta tentunya akan sangat sulit melayani dari Sabang sampai Merauke," tambahnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Admin Semarang

    System Admin RRI Semarang

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00