• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Bupati Kudus Terancam Hukuman Mati

30 July
17:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Terlibatnya Bupati Kudus Muhammad Tamzil dalam kasus jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus mempertegas pentingnya integritas seorang pemimpin. Selain itu, partai pengusung juga diharapkan lebih optimal dalam menyeleksi kadernya agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Dosen Pendidikan Anti Korupsi di Politehnik Dharma Patria Kebumen Dr.H.Teguh Purnomo,SH,MH,MKn mengemukakan, pemimpin jangan hanya dilihat dari sisi finansial dan kemampuan, namun juga harus mempunyai rekam jejak yang bersih dari korupsi, Selasa (30/7/19).

Selain itu, partai politik (Parpol) pengusung diharapkan teliti menyeleksi calon bupati/ wakil yang akan dipilih rakyat. Jangan sampai calon yang diajukan mempunyai rekam jejak korupsi yang berpotensi diulangi dikemudian hari.

“Parpol pengusung diharapkan melakukan tracking kepada setiap calon pemimpin yang diajukan,” pintanya.

Sedangkan untuk langkah jangka panjang, Teguh Purnomo mengusulkan kepada anggota legislatif untuk membuat undang – undang larangan kepada mantan narapidan korupsi mengikuti pagelaran pemilu.

“Sebenarnya ada niat baik dari KPU melalui PKPU untuk menjegal mantan tersangka korupsi mencalonkan diri saat pemilu, namun saat Judicial Review kalah dipersidangan,” jelasnya.

Sementara itu, menanggapi wacana vonis mati kepada Muhammad Tamzil dari KPK, Teguh menilai bukan hal yang berlebihan. Menurutnya, mengulangi perbuatan korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa, sehingga tuntutan vonis mati dapat memenuhi rasa keadilan masyarakat. (DIN/Don).

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00