• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Energi Geothermal Antarkan Prof Agus Jadi Guru Besar

24 July
15:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengukuhkan Dr. Agus Hermanto, M.M sebagai Guru Besar dibidang administrasi publik, Rabu (24/7/19).

“Dari perjalanan yang panjang saya dapat gelar Profesor dibidang geothermal,” ungkapnya kepada wartawan sesusai dikukuhkan sebagai Guru Besar.

Dijelaskannya, energi panas bumi atau geothermal dapat menjadi alternatif dari energi fosil yang akan semakin habis. Padahal energi panas bumi atau geothermal Indonesia mempunyai potensi 29 giga watt yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Energi geothermal baru dimanfaatkan sebesar 8 persen,  diharapkan tahun 2025 mencapai 23 persen,” imbuhnya.

Menanggapi penolakan teknologi geothermal dibeberapa tempat, Prof Agus meyakinkan energi panas bumi tidak merusak lingkungan. Bahkan, dampak dari geothermal dapat dimanfaatkan pertanian, listrik, pertanian dan terapi uap.

“Pemahaman geothermal perlu diberikan kepada masyarakat sebagai energi yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum memfasilitasi Agus Hermanto sebagai Profesor dengan berbagai pertimbangan. Diantaranya karena Agus merupakan pengajar tetap di program pasca sarjana dan merupakan doktor reguler.

“Beliau sampaikan kepada saya bagaimana kalau diajukan menjadi profesor lalu kami buatkan tim untuk pendampingan,” jelasnya.

Sedangkan, Menristek Dikti M Natsir seusai menghadiri pengukuhan Agus Hermanto sebagai Guru Besar mengucapkan selamat atas gelar yang diperoleh. Ditegaskannya, Agus Hermanto mendapatkan gelar Guru Besar secara sah dan sesuai prosedur.

“Beliau mengajar dan membuat karya ilmiah yang dipublikasikan, bukan saja dikalangan internal, namun juga dinilai oleh eksternal,” ucapnya.

 

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00