• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BUDAYA

Animo Masyarakat Terhadap Wayang Kulit Masih Tinggi

14 July
07:54 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Semarang: Seni tradisi budaya lokal wayang kulit masih menjadi daya tarik bagi masyarakat, baik orang tua maupun generasi muda. Hal ini sebagai seni budaya yang mampu menjadi sumber inspirasi nilai-nilai budaya, ide, gagasan, ekpresi dan perilaku, Minggu (14/7/2019).

Ketua Sanggar Pangreksa Budaya, Ki Ageng H Sunarso mengatakan minat masyarakat terhadap kesenian wayang kulit masih dapat menjadi daya tarik yang tinggi. Selain itu, sunarso akan lebih meningkatkan kesenian wayang kulit kepada generasi muda melalui kegiatan-kegiatan yang digelar, dengan melibatkan seorang dalang dari generasi muda. 

"Salah satunya pagelaran Wilujengan Miwon & Pakeliran Padat yang dilakukan Sabtu (13/7) malam, dengan dalang muda Sindu Linguistika Manumanasa dari Universitas Negeri Semarang," Ujar Sunarso kepada RRI

Sunarso menambahkan gelaran budaya jawa tidak hanya kesenian wayang kulit, namun juga meliputi kesenian tari-tarian, karawitan, dan gamelan.
"Dalam meningkatkan seni budaya jawa terhadap generasi muda,  pihaknya bekerjasama dengan fakultas seni bahasa dan sastra, Universitas Negeri Semarang - Unnes. Kedepan, Sunarso akan lebih menanamkan dan mengenalkan budaya kepada generasi muda,  seperti melalui Sekolah Dasar (SD) ," imbuhnya(Adit/Ah)

  • Tentang Penulis

    Pradityo Utomo

    Saya adalah reporter RRI Semarang

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00