• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Belajar Dari ALM. Sutopo Cegah Kanker Paru-Paru

10 July
08:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, akibat kanker paru-paru menjadi pembelajaran bagi masyarakat. Salah satunya dengan melakukan tindakan pencegahan dini, seperti melakukan medical check up kesehatan bagi yang telah berusia 30 tahun.

Kepala dinas kesehatan Kota Semarang, Dokter Moch Abdul Hakam ketika dikonfirmasi RRI, Rabu (10/7/19) terkait kanker paru-paru menerangkan, kanker paru-paru berawal dari zat kimia yang berada didalam tubuh mengalami mutasi yang tidak sebagaimana mestinya.

Dijelaskan, bahan kimia bersifat luas, seperti asap rokok atau kendaraan, makanan, minuman dan paparan obat semprot. Sedangkan, usia rentan terkena kanker paru-paru yakni 30 tahun keatas.

“Tindakan pencegahan kanker paru – paru dengan menghindari zat kimia masuk kedalam tubuh, diantaranya melalui makanan, minuman dan asap rokok serta asap kendaraan,” imbuhnya.  

Selain itu, indikasi kanker paru-paru baru terlihat jika sudah stadium 3 keatas. Apalagi belajar dari Alm. Sutopo yang tidak mempunyai riwayat merokok dan berpola hidup sehat, dapat disimpulkan sumber zat kimia didalam tubuh bisa berasal dari mana saja.

“Kanker paru-paru biasanya baru terasa ketika stadium 3 keatas, diakibatkan penumpukan zat kimia didalam tubuh yang telah berlangsung menahun,” tandasnya.

 

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00