• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah Selidiki 15 Dugaan Pelanggaran PPDB

6 July
12:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Ombudsman Jawa Tengah menyelidiki 15 dugaan pelanggaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA tahun ini. Laporan pelanggaran tersebut terkait manipulasi zonasi dan penilaian prestasi serta perubahan informasi peringkat zonasi.

Plt  Ombudsman Jawa Tengah Sabarudin Hulu mengungkapkan, terdapat calon siswa yang rumahnya berdekatan dengan sekolah, namun tergeser oleh calon siswa lain yang mendaftar mengunakan surat domisili.

“Kami sedang menyelidiki keaslian dan kebenaran surat domisili yang digunakan untuk mendaftar sekolah,” ucapnya Sabtu (6/7/19).

Lebih lanjut, penilaian prestasi dari piagam cabang olahraga yang sama menjadi persoalan PPDB tahun ini. Dari pihak calon siswa menginginkan tiga piagam yang sertakan mendaftar mendapatkan bobot nilai. Namun pihak sekolah, menilai berapa pun piagam yang disertakan, jika dari cabang olahraga yang sama hanya mempunyai satu nilai.

“Penilaian piagam dari jalur prestasi juga dikeluhkan masyarakat,” ujarnya. 

Sabarudin Hulu juga menjelaskan, kurangnya sosialisasi pada setiap perubahan regulasi menjadi catatan ombudsman Perwakilan Jawa Tengah pada pelaksanaan PPDB tahun ini.

“Peraturan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan perubahan kuota zonasi  dan prestasi yang waktunya berdekatan dengan waktu pendaftaran sekolah mengakibatkan minimnya sosialisasi,” jelasnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00