• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Sendang Mulyono "Sastra" Dinilai Penting Dalam Kemandirian Budaya

3 July
09:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Sastra sebagai salah satu kesenian, dinilai dapat berkontribusi dalam pembentukan karakter generasi muda di era milenial. Melalui sastra generasi muda dapat mengekspresikan ide, sesuai dengan koridor kearifan setempat.

“Satra dapat memperkaya literasi masyarakat, sehingga dapat menghaluskan bahasa dan perilaku,” kata Pengajar Sastra dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) Sendang Mulyono kepada RRI, Rabu (3/7/29).

Menurutnya, perkembangan sastra di Indonesia cukup bagus, dilihat dari banyaknya kegiatan sastra diberbagai tempat. Namun, diperlukan kolaborasi antara Pemerintah, dunia pendidikan dan seniman untuk meningkatkan kualitas sastra, terutama pada kalangan muda.

“Pemerintah melalui balai bahasa beberapa kali mengadakan kegiatan kesastraan, dengan hadiah yang cukup besar. Namun saya rasa keterlibatan seniman perlu ditingkatkan,” imbuhnya.

Dikemukakan pula, sastra Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Ia mencontohkan masing – masing daerah mempunyai ciri khas atau dialektika sastra sendiri, jika dipadukan secara Nasional akan menjadi sastra Indonesia.

“Kan ada sastra lokal antar daerah mempunyai dialektika yang berbeda. Jika dipadukan akan menjadi sastra Indonesia yang semakin memperkaya khazanah kesastraan,” jelasnya.

Apalagi, Presiden Joko Widodo mempunyai program kemandirian budaya yang dapat menjadi panduan pengembangan sastra. 

“Kemandirian budaya tidak akan tercapai jika pengembangan sastra tidak dilakukan,” tegasnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00