• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu

Teguh Purnomo, Menilai Masyarakat Dewasa Sikapi Putusan MK

28 June
18:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilu, semua pendukung maupun simpatisan pasangan calon Presiden dapat menunjukan sikap kenegarawan. Salah satunya bagi tim pemenang untuk menahan diri melakukan perayaan berlebihan dan tim yang kalah untuk menerima hasil putusan MK.

Hal tersebut dikemukakan Koordinator Jaringan Advokasi Hukum dan Pemilu Jawa Tengah Teguh Purnomo, Jumat (28/6/19). Dijelaskan, putusan MK merupakan hasil dari persidangan beberapa waktu lalu, yang dapat diikuti melalui media elektronik maupun media sosial. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat terutama pendukung dan simpatisan untuk menerima keputusan MK dalam menyelesaikan sengketa pemilu.

Ia pun berharap, tokoh pendukung maupun simpatisan pasangan calon dapat melakukan rekonsiliasi, yakni saling bergandengan tangan dan meredam konflik dikalangan akar rumput.  

“Jangan sampai sengketa pemilu tahun ini menciderai rasa persaudaraan sesama bangsa,” pintanya.

Lebih lanjut, Teguh juga berpendapat masyarakat Indonesia telah dewasa dalam menyikapi hasil putusan MK terkait sengketa pemilu. Apalagi masyarakat saat ini telah cerdas dan kritis, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh isu maupun narasi adu domba antar kelompok.

“Menanggapi putusan MK, masyarakat bersikap rasional dan argumentatif sehingga meminimalkan potensi konflik diakar rumput,” imbuhnya.(Syam/Ah)

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00