• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Kampus Unisbank Semarang Kembangkan Desa Wisata

28 June
18:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Unisbank Semarang bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) kembangkan desa wisata di Kecamatan Gunungpati, Semarang. Pengembangan desa wisata kali ini merupakan wujud pengabdian Unisbank terhadap masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Perguruan Tinggi.

“Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Semarang terdapat potensi wisata yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Rektor Unisbank Semarang Dr.Safik Faozi,SH.M.Hum, Jumat, (28/6/19).

Menurutnya, kampus bukan saja tempat pembelajaran, namun juga mempunyai kontribusi bagi kemaslahatan masyarakat, diantaranya pelestarian lingkungan, meningkatkan perekonomian masyarakat dan menarik wisatawan.

Lurah Jatirejo Kecamatan Gunungpati Semarang, Bambang Hariyanto, mendukung pengembangan wisata diwilayahnya. Menurutny, desanya mempunyai potensi wisata yang dapat dikembangkan, seperti sentra pembuatan kolang-kaling yang dikenal dengan nama Kampung “KAKOLA” atau kepanjangan dari Kampung  Kolang-kaling.

Selain itu, masyarakat desanya juga membudidayakan tanaman rempah diantaranya, empon-empon seperti jahe, kunyit, kencur dan masih banyak yang lain.

“Banyak masyarakat yang membuat aneka keripik untuk dijual sebagai oleh-oleh khas desa wisata Jatirejo,” ungkapnya. 

Salah satu dosen Unisbank sekaligus pelopor kain Batik Semarang Dewi Handayani menuturkan, sebagai langkah awal program, pihaknya memberikan pelatihan Digital Marketing Desa Wisata, Praktek Fotographi dan Digital Marketing kepada 50 tokoh masyarakat. Tak hanya itu, sebelum pelatihan juga dilakukan pemetaan wisata dan juga menggali potensi pemuda untuk menggerakan desa Wisata.

“Kampung harus punya karakteristik sebagai nilai jual yang membedakan dengan kampung wisata lainnya,” imbuhnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Admin Semarang

    System Admin RRI Semarang

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00