• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESEHATAN

Nutrigenomics Metode Diet Melalui Kebutuhan Gizi

30 March
19:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Jumlah kebutuhan gizi yang dibutuhkan setiap orang memiliki perbedaan berdasarkan kondisi tubuh. Namun yang paling utama yakni ada pada gen dalam tubuhn yang berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan dan respon tubuh terhadap berbagai macam nutrisi.

Bahkan tidak hanya nutrisi saja yang berbeda, namun juga ada pada jenis dan jumlah olahraga setiap orang juga berbeda. Nutrisi dan latihan dengan porsi yang sama belum tentu memberikan efek yang sama bagi setiap orang.

Menurut Spesialis Gizi dr. Arti Indira M. Gizi., SP. GK, makanan sehat pun dapat menyebabkan sensitivitas dan jeni makanan tertentu memiliki risiko yang berbeda pada tubuh. Contoh makanan cepat saji yang akan mengaktifkan potensi sel kanker sedangkan makanan yang mengandung gula tinggi memiliki risiko terjadinya peradagang.

Salah satu cara sehat yang direkomendasikan yakni melalui Nutrigenemic. Metode ini juga merupakan salah satu metode diet yang saat ini tren dibeberapa negara maju. Diet ini dilakukan berdasarkan gan dalam DNA dari pasien. Hal ini tentu akan menimbulkan potensi yang berbeda pada orang yang mengonsumsi buah sayur dan banyak minum air putih

“ Melalui diet Nutrigenemic ini masyarakat akan diberikan panduan dan informasi, diet apa yang sesuai dengan gen-nya. Nah ini akan sangat membantu pasien yang mengalami obesitas pada tubuhnya,” sebutnya saat ditemui dalam acara Seminar Personalized Nutritions Untuk Pencegahan Penyakit, di Semarang Sabtu (30/03/19).

Saat ini banyak masyarakat yang sudah merasa berolahraga, menjaga pola makan sehat, dan hidup sehat masih merasa lambat dalam mengurangi berat tubuhnya. Hal ini lantaran belum tentu olahraga yang berat pola makan yang dijaga sesuai dengan gen yang dimiliki.

“ Untuk menurunkan berat badan memang mesti menjaga pola makan dan olahraga, namun itu saja masih kurang. Karena setiap gen membutuhkan penanganan yang sendiri-sendiri. Memang nantinya pasien akan diteliti sehingga kebutuhan diet antara yang satu sama yang lain pasti berbeda penanganannya,” tandas Indira.

dr. Arti Indira juga menyebutkan jika cara untuk mengetahui gen dengan cara mengambil sempel darah dan akan dilakukan penelitian. Hal ini untuk mengetahui penanganan apa yang perlu dilakukan bagi pasien. Nantinya setelah mengentahui gen dari pasien maka akan diberi juga pendampingan/konsultasi tentang menjaga pola hidup sehat yang tepat seuai DNA


“Bersama Prodia kami lakukan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sedangkan untuk memenuhi nutrisi ini sendiri antara satu orang dengan lain berbeda, sehingga dibutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit dalam,” Imbuhnya.(Luck/Ah)

  • Tentang Penulis

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00