• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

PAPPRI Jateng : Apresiasi Terhadap Musisi Masih Minim

23 March
23:30 2019
1 Votes (5)

KBRN, Semarang : Minimnya apresiasi dari Pemerintah terhadap insan musik tanah air, dinilai dapat mengancam keberlangsungan permusikan di tanah air. Hal ini karena dapat mengendurkan semangat generasi muda, untuk melestarikan musik tanah air.

“Apresiasi dari pemerintah bukan saja bernilai penghargaan, namun sebagai motivasi bagi generasi muda untuk ikut melestarikan musik tanah air,” kata ketua Dewan Persatuan Daerah –DPD Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Jawa Tengah Jaya, seusai memberikan penghargaan terhadap insan musik Jawa Tengah, dalam rangka Peringatan Hari Musik Nasional di Taman Indonesia Kaya Semarang, sabtu (23/3/19).

Ia menilai, begitu banyak musik dari berbagai genre telah diciptakan dan dinikmati masyarakat, namun musisinya belum mendapatkan apresiasi yang layak dari penyelengara negara.

“Bagaimana generasi muda mau memajukan musik tanah air, jika musisinya saat ini belum mendapat apresiasi yang layak,” imbuhnya.

Menurutnya, salah satu apresiasi yang dibutuhkan dari pemerintah yakni, dengan memfasilitasi insan musik, untuk berekspresi ditempat publik dan ikut mengembangkan musik nasional agar dikenal hingga ke kancah internasional.

Disisi lain Jaya juga mengeluhkan, pelanggaran Hak Cipta terhadap karya para Musisi, fenomena Musik alternatif dan penyebaran musik melalui Youtube menjadi persoalan musik Nasional. Untuk itu, ia selaku ketua DPD Papri Jawa Tengah, mengajak insan musik untuk bersatu mewujudkan visi misi PAPPRI, yakni Mewujudkan Profesionalisme dan Kesejahteraan Musisi Indonesia.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata –(Disporapar) Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmadi yang hadir mewakili Gubernur Jawa Tengah menyatakan, kesiapan memfasilitasi pemusik Jawa Tengah untuk mengelar pertunjukan musik di tempat umum.

“Musik merupakan bahasa cinta yang harus digaungkan ke masyarakat,” tegasnya. (Syam/don).

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Admin Semarang

    System Admin RRI Semarang

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00