• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Soekowardojo Pimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah

15 March
14:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Hamid Ponco Wibowo menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provisi Jawa Tengah kepada Soekowardojo, Jumat (15/3). Soekowardojo sebelumnya menjabat sebagai Kepala KPwBI Provinsi Sulawesi Utara, sedangkan Ponco Wibowo selanjutnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng dalam sambutannya di acara Sertijab yang berlangsung di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpwBI) Provinsi Jawa Tengah tersebut menjelaskan, suksesi kepemimpinan di internal Bank Indonesia adalah sesuatu yang rutin dan normal dalam upaya menjaga kesinambungan tugas, fungsi, dan tanggung jawab yang diemban Bank Indonesia Wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank indonesia Provinsi Jawa Tengah.

“Hal ini merupakan bagian dari program transformasi Bank Indonesia untuk mencapai visi Bank Indonesia tahun 2024, yaitu menjadikan Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang kredibel dan terbaik diantara negara-negara emerging market,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sugeng juga menjelaskan bahwa tahun 2018 merupakan tahun yang penuh tantangan. Namun demikian kita patut bersyukur bahwa di tengah perekonomian global yang tidak kondusif, kinerja perekonomian Indonesia masih cukup baik.

“Pertumbuhan ekonomi tahun 2018 tercatat sebesar 5,17 persen, yang merupakan pencapaian pertumbuhan tertinggi dalam lima tahu terakhir. Pertumbuhan tersebut utamanya ditopang oleh kuatnya permintaan domestik, baik konsumsi maupun investasi,” jelasnya.

Sementara itu inflasi yang rendah di tahun 2018, menurutnya masih akan tetap terkendali sesuai sasaran 3,5 ± 1% di tahun 2019.

Sedangkan dari sisi pengendalian inflasi, Bank Indonesia melakukan berbagai langkah dalam mengendalikan inflasi. Tidak hanya merumuskan kebijakan moneter, tetapi juga melakukan koordinasi denga Pemerintah Pusat dan Daerah untuk menjaga pasokan barang.

“Rendahnya inflasi tersebut juga disebabkan semakin baiknya sistem distribusi barang. Terbukti dalam 4 tahun terakhir realisasi inflasi selalu berada di kisaran 3-4 persen,” paparnya.

Acara sertijab selain disaksikan Deputi Gubernur Bank Indonesia juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Sekda Jawa Tengah, Kapolda Jateng dan Undangan lainnya. (don).

  • Tentang Penulis

    Donny Nur Arbayanto

    Redaktur dan Reporter RRI Semarang

  • Tentang Editor

    Admin Semarang

    System Admin RRI Semarang<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00