• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESEHATAN

RSUD Soewondo Kendal, Gelar Simulasi Pendirian Tenda Darurat Tanggap Bencana

21 November
18:02 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal menggelar kegiatan simulasi pendirian tenda darurat, Rabu (21/11/2018). 

Kegiatan simulasi tersebut dilakukan oleh Tim Manajemen Fasilitas dan Keamanan (MFK) rumah sakit di halaman ruang Cempaka, Hal ini dalam rangka kesiapsiagaan tanggap bencana dan sekaligus pemenuhan pelayanan pasien rawat inap. 

Ketua Tim Manajemen Fasilitas dan Keamanan (MFK) RSUD dr Soewondo Kendal dr Ani Yuliastuti SpRad mengatakan, pendirian tenda darurat ini dalam rangka siaga bencana bila sewaktu-waktu terjadi. 
Kemudian, penanggulangan disaster management plane secara menyeluruh seperti adanya jumlah pnderita yang banyak sehingga membutuhkan ruang lebih besar. 

"Baru dua tenda yang dipunyai rumah sakit. Harapanya tenda besar bisa menampung beberapa pasien sedangkan tenda yang kecil untuk posko, secara keseluruhan Giat ini sebagai wujud kesiapan kita dalam menghadapi bencana di lingkungan Rumah Sakit" Ujar Ketua Tim Manajemen Fasilitas dan Keamanan (MFK) RSUD dr Soewondo Kendal. 

Sementara dalam praktek pendirian tenda dilakukan dengan membutuhkan waktu kurang dari 30 menit, dan tenda tersebut diperuntukkan bagi pasien yang tak mendapatkan ruang rawat akibat kapasitas rumah sakit yang penuh.

Ani Yuliastuti, mengungkapkan, untuk operasional dua tenda itu nantinya dapat dilakukan oleh semua unsur di rumah sakit. Akan tetapi untuk tahap awal operasional pendirian tenda siap tanggap bencana dan antisipasi pemenuhan pelayanan pasien rawat inap dilakuka dari tim gerak cepat dan tim security yang penangungjawabnya dari manajemen rumah sakit. 

Dilain pihak, Direktur RSUD dr Soewondo dr H Haris Triyanto DpB, menambahkan setiap tahun dilakukan surve verifikasi rumah sakit. Sedangkan Simulasi pendirian tenda yang dilakukan tim MFK rumah sakit, selain dalam rangka tanggap siaga bencana juga salah satu kategori pemenuhan standarisasi akreditasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00