• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESEHATAN

Mulai Waspada Penyakit Demam Berdarah

31 October
08:11 2018
0 Votes (0)

KBRN, Rembang : Di sebagian wilayah Kabupaten Rembang beberapa hari ini telah diguyur hujan. Berkaitan dengan itu masyarakat mulai diminta melakukan pencegahan akan datangnya serangan penyakit demam berdarah.

Jajaran Puskesmas Kaliori mengambil langkah cepat untuk melakukan sosialisasi gerakan Gerakan warga peduli demam berdarah (Wadul Marah), di balai desa Bogoharjo, kecamatan Kaliori, hari Selasa (30/10/2018).

Menurut Dokter Puskesmas Kaliori, Prihantini Dwi Marlianasari dalam mencegah kasus demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti tak cukup dengan fogging. Karena fogging hanya membunuh nyamuk dewasa.

Dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) penampungan air di rumah harus sering dikuras dan diberi abate agar dapat memberantas jentik-jentik nyamuk.

“Kalau ditemukan jentik nyamuk nanti dikasih abate. Kalau belum punya hubungi bidan desa atau kepala desa. Kalau yang kemarin itu sudah dilakukan fogging atau pengasapan untuk sekarang ini kurang efektif. Karena fogging biasanya dilakukan di daerah yang terkena kasus dengan radius 100 meter dari rumah korban yang sakit. Fogging sebenarnya kurang efektif. Karena jika fogging dilakukan di RT 1, nyamuknya bisa lari ke RT 2,” Imbuhnya.

Ia menambahkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M (mengubur barang bekas, menguras dan menutup bak mandi juga harus dilakukan agar nyamuk tidak mendapat tempat untuk berkembangbiak.

Berdasarkan data di Puskesmas Kaliori, tahun 2016 terdapat 45 kasus dan di tahun 2017 terdapat 2 kasus DB. Sementara di tahun 2018 hingga bulan Oktober ini terdapat 4 kasus.(Mif)

  • Tentang Penulis

    mifta

    <p>kntributor wilayah rembang, </p><p>HP:081910776279</p>

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00