• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESEHATAN

Rembang Menatap Kabupaten ODF

31 October
07:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Rembang : Pemkab Rembang Selasa pagi (30/30/2018) menerima tim verifikasi desa Open Defecation Free (ODF) atau desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Verifikasi faktual dilakukan menyambut deklarasi Kabupaten Rembang menuju Kabupaten ODF.

Kepala Dinas Kabupaten Rembang Ali Syafi'i mengatakan, pihaknya mempersilahkan kepada tim untuk melakukan verifikasi. Dan nantinya akan menunggu hasil atau arahan dari tim penilai.

"Setelah verifikasi kali ini kami akan mendeklarasikan sebagai kabupaten ODF. Ini sebagai salah satu perhatian dari Pemerintah. Kepada tim verifikasi silahkan dilihat, kami persilahkan. Kami akan mengikuti arahan tim. Untuk desa yang mendeklarasikan diri sebagai desa ODF mendapatkan bonus dari Pak Bupati Rembang. Bonus yang diberikan untuk menuju tahap selanjutnya," jelasnya.

Ketua Tim Penilaian ODF, Rita Ultrajani mengatakan, Kabupaten Rembang merupakan kabupaten ke 8, yang diverifikasi (BABS). Tim penilai terdiri dari lintas sektoral.

Sebelum Kabupaten Rembang ada kota Semarang, dan Kabupaten Semarang yang terlebih dahulu diverifikasi secara faktual.

Ia menambahkan, verifikasi dilakukan dua tahap, yang pertama tahap administrasi, dan tahap verifikasi faktual. Dengan tujuan, melihat secara langsung perubahan perilaku hidup sehat desa - desa yang  semula masih kental dengan buang air besar di sembarang tempat.

"Verifikasi kedua hari ini adalah verifikasi faktual pertimbangan memilih desa dan kelurahan, yang dikunjungi desa yang paling awal mendeklarasikan diri sebagai desa ODF. Desa yang paling banyak sering numpangnya, desa yang memiliki jamban sehat semi permanen, desa yang dekat dengan aliran sungai, Setiap desa akan diambil 45 kepala keluarga, " jelasnya.

Tim Verifikasi akan turun di 8 desa atau kelurahan. Yaitu Desa Punjulharjo kecamatan kota, Desa Ngargomulyo Kecamatan Lasem, Desa Jatimudo Kecamatan Sulang, Desa Dresi Wetan Kecamatan Kaliori, Desa Dowan Kecamatan Gunem, Desa Ringin Kecamatan Pamotan, Desa Jukung Kecamatan Bulu, Desa Pangkalan Kecamatan Sluke. (Mif)

  • Tentang Penulis

    mifta

    <p>kntributor wilayah rembang, </p><p>HP:081910776279</p>

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00