• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Wayang Sebagai Tontonan dan Tuntunan

15 September
09:01 2018
1 Votes (1)

KBRN, Semarang : Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang  Ki Anom Sarjono dari Banjarnegara dengan Lakon "Sesaji Raja Suya" di halaman Balai Desa Ngroto Kecamatan Reban Kabupaten Batang, kembali digelar sebagai sarana tontonan sekaligus tuntunan bagi warga, untuk wejangan di kehidupan sehari-hari, Jumat (14/9/12) malam.

Dalam sambutannya Kepala Desa Ngroto, Ikrom Mujo menyampaikan, ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Bapak Bupati Batang. Acara Sedekah Bumi dilakukan setiap tahun oleh Desa Ngroto sebagai ucapan syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah, sekaligus sebagai penolak bala.

“Acara sedekah bumi setiap tahun diadakan dengan berbagai cara yang berbeda, seperti mengadakan pertunjukan kuda lumping, pertunjukan wayang dan berbagai macam cara lainnya yang mampu menggambarkan akan keseimbangan dalam agama dan berbudaya di masyarakat,” ungkap Ikrom.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Batang Wihaji, menambahkan bahwa, kesenian wayang kulit harus tetap dilestarikan seperti menyelenggarakan pertunjukan wayang pada malam hari ini.

"Dalam kesenian wayangan ada tuntunan, ada tontonan, banyak tuntunan yang bisa ditiru dan yang menghibur," tutur Bupati.

Menurut Wihaji, kesenian juga merupakan hiburan bagi semua lapisan masyarakat, baik dari kalangan tua, muda, laki-laki, perempuan maupun anak-anak, yang menandakan kesenian wayang tidak akan punah.

“Bukan orang tua saja yang mencintai wayang, anak muda pun harus bisa mencintai wayang sebagai salah satu kesenian tradisional asli Bangsa Indonesia agar ke depan bisa diteruskan secara turun-temurun,” ujar Bupati.(Heri/DNA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00