• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BUDAYA

Gotong Royong di Bonomerto, Wujud Jati Diri Budaya Bangsa Indonesia

30 July
08:55 2018
0 Votes (0)

KBRN, Salatiga : Satgas TMMD Reg Ke 102 Kodim 0714/Salatiga di Bonomerto adalah Wujud Semangat kebersamaan, saling bahu membahu, ringan sama di jinjing berat sama dipikul, Itulah gambaran secara umum gotong royong, Sebuah warisan budaya bangsa yang saat ini mulai jarang ditemui dalam kehidupan bermasyarakat di indonesia.

Dalam sejarahnya gotong royong lahir murni dari akar budaya di kepulauan nusantara. Hampir semua kebudayaan di Nusantara mengenal istilah gotong royong dari sabang di aceh sampai merauke di ujung timur pulau irian.

Tradisi ini bahkan sudah dikenal sejak abad ke IV masehi.

Danramil 08/Suruh Kapten Inf Tarimo menyampaikan, Semangat kolektifitas itulah yang mendasari filosofi utama dalam budaya gotong royong bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan secara bersama-sama menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil.

" Gotong royong adalah suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan murni tanpa pamrih dan secara sukarela dilaksanakan oleh semua masyarakat menurut batas kemampuannya masing-masing ", Imbuhnya.

Masyarakat bekerja tanpa imbalan jasa, karena demi kepentingan bersama. Yang pada akhirnya  menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, tolong menolong sehingga dapat terbina rasa kesatuan dan persatuan Nasional.

" Mari jaga bersama budaya ini. Ayooo bergotong royong," (Pendim/Ah)

  • Tentang Penulis

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

  • Tentang Editor

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00