• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BUDAYA

Pemutakhiran dan Penetapan DPS Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kabupaten

17 June
20:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU RI No. 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan KPU No. 7 Tahun 2017 tentang tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019, bahwa saat ini prosesnya sudah sampai pada tahapan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Pernyataan tersebut disampaikan ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto di hadapan KPU Provinsi Jawa Tengah, perwakilan Partai Politik (Parpol) dan tamu undangan bertempat di aula Hotel Dewi Ratih Kabupaten Batang, Minggu (17/6).

“Partai peserta Pemilu sudah ditetapkan yaitu ada 16 Parpol di tingkat nasional dan 4 Parpol di tingkat Aceh dan calon perseorangan (anggota DPD) saat ini masih memasuki tahapan proses verifikasi faktual hingga 19 Juni,” tutur Batang Adi Pranoto.

Lebih lanjut, Adi menerangkan, di Jawa Tengah ada 27 bakal calon anggota DPD Provinsi, sedangkan untuk pasangan Presiden dan Wakil Presiden tahapannya akan dilaksanakan pada bulan Februari 2019. Secara substansi bagi KPU yang melaksanakan Pemilihan Serentak Kepala Daerah di tahun 2018, maka tahapan penetapan DPS berdasarkan hasil Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jateng 2018.

“DPS di Kabupaten Batang untuk Pemilu tahun 2019 sesuai hasil rapat pleno jumlahnya 598.329 pemilih ditetapkan berdasarkan DPT Pemilu Serentak Tahun 2018, yang dapat menggunakan 2.522 Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar di 248 desa pada 15 kecamatan,” terang Adi.

Sebetulnya jumlah masih utuh, lanjutnya, hanya dalam proses perubahan pemutakhiran DPS, ada selisih saat memasukkan data dalam perekapan. Ada 4 desa di 4 kecamatan yang melakukan kesalahan saat memasukkan data antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

“Di rapat pleno kita sudah menyampaikan kepada Bawaslu dan dikoreksi bersama, jumlahnya tetap sama dan tidak mengalami perubahan,” ungkapnya.

Adi menambahkan, dengan disampaikannya DPS kepada Parpol dan Bawaslu Kabupaten Batang, nantinya pengawasan di Bawaslu bisa memberikan kontribusi positif, sehingga berdampak baik.

“Selain itu bagi Parpol juga dapat melakukan koreksi pada data-data baik data pemilih dari konstituen Parpol yang bersangkutan ataupun masyarakat,” ujarnya.

Adi juga menghimbau agar masyarakat pun memberikan masukan yang signifikan bila mana ada hal-hal yang tidak tepat terkait penulisan nama, alamat maupun status pemilih, untuk segera disampaikan dan dilakukan perbaikan.

“Kami pun sedang proses pemeliharaan DPT untuk tahapan Pilgub Jateng 2018, semoga dapat terjadi sinkronisasi dengan Pemilu 2019, sehingga daftar pemilih yang dihasilkan bisa lebih akurat,” pungkas Adi. (Heri/Mc Batang/DNA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00