• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bisnis

Permudah Investor Pantau Investasi Pasar Modal, KSEI Sosialisasikan Fasilitas AKSes

24 April
17:38 2018
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan kegiatan sosial dan edukasi di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/4/2018). Rangkaian kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yang merupakan fasilitas perlindungan investor infrastruktur yang tengah dilakukan KSEI.

“Fasilitas AKSes kami sediakan agar investor dapat memantau langsung portofolio investasinya pada lembaga yang memang diberikan mandat untuk menyimpan data portofolio investor sesuai Undang-Undang Pasar modal. Jadi ibaratnya investor itu memiliki akses langsung untuk melihat investasinya di sistem kami,” jelas Kepala Unit Pemeriksaan KSEI, Fitriyanto kepada awak media di Semarang, Selasa (24/4/).

Ditambahkan, bahwa berdasarkan data KSEIE per akhir Maret 2018, saat ini Jawa Tengah menempati urutan ke-4 jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di indonesia, dengan jumlah investor sebanyak 61.466 investor.

“Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 15.019 investor yang berdomisili di kota Semarang atau yang tersebar di provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.

Adapun jumlah investor di Pasar Modal Indonesia hingga akhir Maret 2018, telah mencapai sekitar 1 juta 216 ribu 278 investor, yang mencakup investor pemilik Efek, Reksa Dana dan Surat Berharga yang diterbitkan Bank Indonesia. 

“Kegiatan Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran investor untuk senantiasa memanfaatkan fasilitas AKSes guna menceha penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fitriyanto menyebutkan, saat ini KSEI tengah mengembangkan fasilitas AKSes menjadi AKSes Nex Generation (AKSes Next-G) dengan fitur-fitur yang semakin menarik dan semakin mudah digunakan.

“Nantinya yang dapat memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G tidak hanya investor, tetapi juga Perusahaan Efek, Bank Kustodian, bahkan masyarakat umum. Hal ini memungkinkan, karena KSEI sudah bekerjasama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam negeri untuk memanfaatkan data kependudukan untuk layanan di pasar modal. Sehingga nanti untuk menggunakan fasilitas AKSes Nex-G cukup dengan memasukkan Nomor induk Kependudukan saja,” pungkas Fitriyanto. (DNA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00