• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Wagub Kaltim : Penggunaan KB di Kaltim Sudah Bagus

26 February
11:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Penggunaan KB di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 menunjukkan progres yang positif, baik itu dalam penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang maupun jangka pendek.

Hal ini dikatakan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi seusai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (BanggaKencana) yang belangsung di Hotel Selyca Mulya Samarinda, Rabu (26/2/2020).

Hadi menyebutkan, berdasarkan hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) untuk Kaltim terjadi penurunan angka pernikahan di umur belasan tahun, tentunya hal ini juga mencegah terjadinya kematian Ibu dan bayi saat melahirkan.

“Kaltim berdasarkan SDKI menunjukkan hal yang positif, dimana tiap tahunnya angka perkawinan diusia muda selalu turun dan ini harapan kita ditiap tahun bisa dikendalikan”kata Hadi.

Sementara itu, Kepala Biro Keuangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Ahmad Taufik mengatakan tahun pihaknya akan memfokuskan terhadap pembinaan keapda para remaja, tidak terkecuali yang ada di Kaltim.

Menurutnya melalui Rakerda ini diharapkan mampu menyamakan program pusat dengan pemerintah daerah setempat terkait dengan masalah kependudukan dan keluarga berencana.

“Kita tahun ini akan fokus terhadap remaja, karena remaja ini cikal bakal yang akan membangun rumah tangga. Sehingga mulai sejak dini mereka harus merencanakan agar semua dapat berjalan sesuai harapan”ujar Ahmad.

Selain itu, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim  Eli Kusnaeli menuturkan Rekerda ini bertujuan untuk mengingat dan menyegarkan kembali tentang program-program kependudukan dan keluarga berencana ke beberapa mitra kerja, baik itu dari Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

“Jadi ini kita kumpulkan untuk menyegarkan kembali apa yang sudah kita lakukan pada tahun 2019 lalu dan apa yang kita lalukan 2020 ini agar ada singkronisasi antara kita dan Pemerintah daerah”tutur Eli.

Diketahui dalam Rakerda ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) keesokan harinya. Dalam rakornis itu akan dibahas bagaiman teknis pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00