• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Buka Pra-RAT KSP CUDL TP Kalaang Lawaat, Kadisdagkop Kubar: Koperasi ini Bantu Perekonomian Masyarakat

21 February
22:15 2020
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: KSP Credit Union Daya Lestari TP Kalaang Lawaat kembali menggelar agenda rutin Pra-Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2019. Di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat, Jumat (21/2/2020).

Kegiatan Pra-RAT tersebut dibuka oleh Kepala Disdagkop dan UKM Kutai Barat Salomon Sartono, dihadiri Sekretaris Pengurus KSP CUDL Kaltim-Kaltara Yosep Sanga Raran, Pemerintah Kecamatan, Perwakilan Perbankkan, Instansi Vertikal dan 207 Peserta atau anggota KSP CU daya Lestari TP Kalaang Lawaat dari 3 Kecamatan yakni Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat dan Kecamatan Melak.

Kadisdagkop dan UKM Kubar Salomon Sartono usai membuka acara kepada RRI Sendawar menyampaikan apresiasi kepada KSP CUDL khususnya TP Kalaang Lawaat, karena dinilai sangat taat dalam menjalankan amanat undang-undang salah satunya rutin melaksanakan agenda penting yakni Rapat Anggota Tahunan.

Bahkan, Ia menegaskan, koperasi tersebut sudah banyak membantu dalam upaya meningkatkan roda perekonomian Masyarakat di Kabupaten Kutai Barat selama ini.

“Koperasi ini merupakan contoh karena KSP Credit Union Daya Lestari ini sangat taat aturan, salah satunya melaksanakan RAT setiap tahun. Jadi harapan saya ini menjadi motivasi bagi koperasi-koperasi lain. Kami berterimakasih karena KSP CUDL ini salah satu yang membantu memberdayakan masyarakat kami Kutai Barat khususnya yang bergabung sebagai anggota. Melalui pinjaman dari koperasi ini masyarakat kami bisa mengembangkan usaha-usaha sehingga ekonomi mereka bisa terbantu,”tegasnya

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Pengurus KSP CUDL Kaltim-Kaltara Yosep Sanga Raran menerangkan agenda ini dilaksanakan serentak oleh 29 Tempat Pelayanan KSP CUDL yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) termasuk 7 Tempat Pelayanan lainnya yang tersebar di Kabupaten Kutai Barat, dengan Tema “Pelayanan Prima, Anggota Sejahtera”.

Pra-Rapat Aggota Tahunan ini terangnya merupakan salah satu agenda Penting yang dilaksanakan pihaknya dalam rangka menyampaikan laporan pertanggung jawaban kegiatan selama satu tahun buku, agar anggota mengetahui perkembangan dari Koperasi tersebut.

“Pra-RAT ini agenda utamanya adalah laporan pertanggungjawaban selama setahun tahun buku, seperti sekarang ini tahun buku 2019. Jadi apa saja program tahun lalu yang harus direalisasikan tahun ini, capaian apa saja yang belum dan sudah tercapai. Itu yang perlu kita pertanggungjawabkan kepada anggota sehingga mereka mengetahui sejauh mana gerakan koperasi ini sekarang,”ungkapnya.

Target kita melaksanakan Pra-RAT di tiap Tempat Pelayanan itu, lanjut Yosep Sanga Raran agar  anggota terlibat secara langsung dan mengetahui sejauh mana gerakan kita saat ini.

“Karena selain Pra-RAT kita juga akan melaksanakan RAT secara konsolidasi, makanya pelaksanaan Pra-RAT ini pengurus-pengurus langsung ke TP-TP, langsung berkomunikasi, bertemu dengan anggota-anggota yang jarang bertemu dengan pengurus langsung. Dengan harapan melalui kegiatan ini kita bisa langsung bertatap muka dan memberikan informasi terbaru tentang keberadaan lembaga atau gerakan koperasi kita,”lanjutnya

Menurut Yosep, untuk kegiatan Pra-RAT tahun buku 2019 di TP Kalaang Lawaat berjalan dengan baik, bahkan ia menilai peserta cukup antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, sejak tanggal 20 hingga 21 Februari tahun 2020 ini.

Yosep menyebutkan Gambaran umum Perkembangan KSP CUDL di Kaltim dan Kaltara sudah memiliki anggota kurang lebih 46.000 orang dengan jumlah aset berkisar Rp800 Milyar lebih.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00