• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Paguyuban “HABAMA” Kubar di Harapkan Jadi Contoh dalam Berdemokrasi

14 February
14:08 2020

KBRN, Sendawar: Untuk Pertama Kalinya di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), sebuah Paguyuban menggelar Pemilihan Ketua Umum secara Demokrasi dengan mekanisme pencoblosan seperti Pelaksanaan Pemilu pada umumnya, menggunakan Surat Suara, Bilik Suara, Kotak Suara hingga Tinta yang diseiapkan bagi para peserta Pemilih.

Yakni Paguyuban Hinaq Ayaq Bahau Maran (HABAMA) Kubar, atau sebuah paguyuban yang dibentuk untuk menghimpun Masyarakat Dayak Etnis “Bahau” yang mendiami Bumi Tanaa Purai Ngeriman, dilaksanakan pada Agenda Musyawarah Besar (Mubes) HABAMA, di Lamin Bahau komplek Taman Budaya Sendawar (TBS), pada tanggal 13-14 Februari 2020 ini.

Agenda inipun mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, diantaranya Ketua Komisi dua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Veridiana Huraq Wang yang hadir dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan Ketua terpilih dan Pengurus HABAMA periode 2020-2025, di TBS, Jumat (14/2/2020).

Ia menaruh hormat kepada masyarakat dayak Bahau yang telah sukses menjalankan sebuah Demokrasi dalam berorganisasi, dengan harapan tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta hubungan yang harmonis dengan Pemerintah Daerah.

“Disinilah kita diuji dan diajari bagaimana bermusyawarah untuk mufakat, dan demokrasi itu berjalan dalam organisasi ini. Saya sangat salut dengan Pemilihan yang dilakukan. Tadi saya sudah mengingatkan ketua terpilih tidak boleh mengkotak-kotakan, dalam artian jika ada pemilihan pasti ada kandidat, tapi setelah terpilih rangkullah semua kandidat-kandidat yang tidak terpilih kemarin,”tandasnya

Demikian juga dengan Asisten II Sekretariat Daerah Kubar Ayonius,  menyampaikan terimakasih kepada HABAMA Kubar yang telah memulai, memberikan contoh kepada Paguyuban yang lainnya di Kutai Barat bahwa itulah wujud Bangsa Indonesia sebagai Negara Demokrasi.

“Kita sangat berterimakasih dengan HABAMA memulai, karena itu merupakan wujud demokrasi yang harus kita laksanakan. Mudah-mudahan juga sub suku yang lainnya bisa melaksanakan hal yang sama, seperti disini yang kita tahu khususnya Tunjung-Benuaq ada STB, saudara-saudara kita yang dari Jawa ada Ikapakarti, dari Sulawesi ada KKSS dan bermacam lainnya. Harapan kita semoga paguyuban yang ada ini memberikan dampak untuk memajukan Kutai Barat sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah,”harapnya

Tidak ketinggalan, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Barat Canissius Arjan yang mengaku bahwa apa yang sudah dilakukan HABAMA merupakan hal yang positif.

Sebagai Ketua Organisasi yang mewadahi perhimpunan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Kubar, Ia mengharapkan ini bisa menjadi contoh bagi Paguyuban atau Organisasi lainnya dalam berdemokrasi yang baik.

“Ini sesuatu yang positif menurut saya. Ini bisa menjadi contoh bagi organisasi atau paguyuban yang lain bahwa pemilihan secara demokrasi seperti ini sangat penting dilakukan kedepan oleh organisasi-organisasi yang lain termasuk KNPI ke-depan, sebagai wujud kita dalam Berbangsa dan Bernegara,”ungkapnya

Seperti diketahui, dalam Pemilihan Ketua Umum HABAMA Kubar, ada 4 Kandidat yang bersaing yakni, Hermonius (Remon) dengan nomor utut 1. Markus Mas Jaya nomor urut 2. Wiji Kasmirus nonor urut 3. Dan Irenius Juan dengan nomor urut 4.

Pada hasil akhirnya, Hemnonis terpilih sebagai Ketua Umum HABAMA Kubar dengan perolehan 57 suara, disusul Markous Mas Jaya dengan perolehan 28 suara, Irenius Juan 12 suara dan Wiji Kasmirus dengan perolehan 7 suara. Dari tolal 104 Pemilih yang berhak Memilih.

00:00:00 / 00:00:00