• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

PLN Lakukan Penambahan Jaringan Listrik pada Sejumlah Desa di Kubar tahun 2020

12 February
17:28 2020

KBRN, Sendawar: Melalui program Listrik Pedesaan,  PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Melak Kabupaten Kutai Barat (Kubar), akan melakukan penambahan jaringan listrik pada sejumlah Kampung/Desa di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Long Iram dan Kecamatan Linggang Bigung, tahun 2020 ini.

Kepala PT PLN Persero ULP Melak Kutai Barat Aziz Asyari kepada RRI Sendawar, Rabu (12/2/2020) mengatakan, penambahan jaringan listrik ini dilakukan sejalan dengan komitmen PLN menerangi seluruh daerah di Indonesia, termasuk pulau dan daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

“Jadi di Manaar Bulatn itu di kampung Sakaq Lotoq, Gemuruh, Gunung Rampah, Karangan sama kampung Jengan. Terus di Kampung Tutung Kecamatan Linggang Bigung, semoga kendala tahun 2019 bisa teratasi segera, sehingga bisa nyala tahun 2020 ini. Kemudian satu desa lagi di Kecamatan Long Iram yaitu Long Daliq. Jadi kami prioritaskan desa-desa yang belum berlistrik dan memungkinkan untuk kita sambung secara geografis atau yang terdekat dengan jaringan terdekat khususnya di system Melak,”katanya

Dalam hal ini, tegas Aziz, PLN bertanggung jawab secara penuh atas pembangunan jaringan, Gardu atau Trafo dan jaringan tegangan rendah. Sedangkan untuk biaya pemasangan baru dibebankan kepada calon pelanggan.

“Yang diakomodir oleh PLN itu pembangunan jaringan, gardu-gardu atau trafo sama jaringan tegangan rendah yang lewat depan rumah. Nah untuk yang diakomodir oleh masyarakat atau calon pelanggan adalah pemasangan baru yaitu biaya penyambungan ke-jaringan kami, sambungan ke-rumah atau SR sama biaya kWh meter. Jadi yang daya 1.300 kurang lebih biaya penyambungannya sekitar Rp1.375.000. Kemudian yang daya 900 kurang lebih Rp900 ribuan, sampai daya maksimal 10.000 untuk kebutuhan Rumah Tangga,”tegasnya

Ia menambahkan total pelanggan PT PLN Rayon Melak di Kabupaten Kutai Barat saat ini sekitar 37.000 pelanggan, masing-masing yang menggunakan kWh manual atau kWh meter lama kurang lebih 10.000 dan yang menggunakan Voucher dikisaran angka 27.000 pelanggan.

00:00:00 / 00:00:00